SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Senin, 24 November 2014
BS logo

AEI Klaim Kinerja Emiten Membaik
Rabu, 28 September 2011 | 10:36

Anggota DPR dari Fraksi Partai Golkar, Airlangga Hartarto Anggota DPR dari Fraksi Partai Golkar, Airlangga Hartarto

[JAKARTA] Asosiasi Emiten Indonesia (AEI) menyatakan kinerja emiten hingga sembulan bulan di awal 2011 lebih baik bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Dengan kondisi seperti itu, Ketua AEI Airlangga Hartarto mengimbau agar investor pasar modal jangan panik dan tidak mengikuti aksi jual investor asing.
 
”Indonesia secara fundamental masih baik. Anggota-anggota emiten hingga sembilan bulan ini lebih baik dari 2010, kalau masih percaya dengan faktor fundamental ekonomi Indonesia maka investor tak perlu panik,” ujarnya dalam seminar Capital Market&Global Economy Update di Jakarta, Rabu (28/9).
 
Airlangga menjelaskan, saat ini yang harus dikhawatirkan adalah persoalan nilai tukar mata uang. Apalagi nilai tukar mata uang dolar AS menjadi salah satu indikator ekonomi dunia. Di mana, nilai tukar rupiah terhadap dolar yang kian melemah sempat membuat investor panik pada belakangan hari ini.
 
Bahkan, dia menilai situasi ekonomi sekarang hampir mirip dengan kondisi tahun 2008 di mana harga komoditi sempat naik. Namun, dampak krisis 2008 jauh lebih besar dibandingkan yang sekarang.
 
Tambahnya, penyelesaian krisis utang Eropa yang belum jelas pun akan memberikan dampak ke perekonomian Indonesia. Untuk itu, pemerintah diharapkan dapat memberikan intervensi untuk mengantisipasi situasi tersebut.”Dengan situasi semacam itu Indonesia lebih membutuhkan kebijakan secara prudent,” kata Airlangga.

Ketua Komisi VI DPR itu bahkan mengharapkan, pemerintah bisa lebih tegas dalam negoisasi bilateral agar tidak terjadi kepanikan. ”Bangsa yang maju harus didukung dengan masyarakat yang maju juga, bukan hanya emiten saja,” ungkapnya. [O-2]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!