SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Rabu, 22 Oktober 2014
BS logo

Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 2010 Sebesar 6,1 Persen
Senin, 7 Februari 2011 | 11:44

Kepala BPS Rusman Heriawan (kiri) dan Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS Slamet Sutomo (kanan) memaparkan pertumbuhan ekonomi Indonesia 2010 di Jakarta, Senin (7/2). (Foto: SP/Lona Olavia)
Kepala BPS Rusman Heriawan (kiri) dan Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS Slamet Sutomo (kanan) memaparkan pertumbuhan ekonomi Indonesia 2010 di Jakarta, Senin (7/2). (Foto: SP/Lona Olavia)

[JAKARTA] Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2010 mencapai 6,1 persen. Dengan demikian, target pemerintah bahwa pertumbuhan ekonomi di tahun 2010 menembus angka 6% atau melebihi target yang ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2010 sebesar 5,8% tercapai.

“Ekonomi Indonesia tumbuh 6,1% dengan rincian sebagai berikut. Secara tahunan ekonomi kita tumbuh 6,1% sedangkan untuk triwulan IV 2010 terhadap triwulan III 2009 year on year 6,9%.  Ini adalah capaian tertinggi triwulan sepanjang 2010 dari tahun-tahun sebelumnya sejak 2008,” kata Kepala BPS Rusman Heriawan dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Senin (7/2).

Secara quarter to quarter (Q to Q) ada pertumbuhan negatif 1,4% di triwulan IV. Hal itu biasa karena adanya siklus terbesar, sehingga PDB (produk domestik bruto) diciptakan di kuartal III. Dengan kisaran 6,1% maka capaian nominal PDB mencapai Rp 6.422,9 triliun.

Kisaran tersebut, sebelumnya sudah diprediksi oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana. Kata dia, laju pertumbuhan bisa meningkat tajam sebesar 0,3% pada triwulan IV 2010, sehingga total pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 6,1%. “Kita harapkan bisa lebih tinggi dari triwulan III kemarin. Bank Indonesia (BI) juga sudah melakukan prediksi. Saya yakin, bisa katakanlah di atas 6 persen. Harapan kita bisa mencapai 6,1%,” ujarnya.

Optimisme tersebut didasarkan atas berbagai faktor penopang pertumbuhan ekonomi nasional yang kini mulai bergerak naik. Tingginya konsumsi masyarakat yang selama ini mendominasi dan menjadi faktor penting terdongkraknya pertumbuhan ekonomi nasional, mulai dibarengi dengan meningkatnya investasi dan ekspor. Sementara dari sisi belanja pemerintah, penyerapan anggaran yang terjadi besar-besaran pada triwulan IV 2010, diyakini juga akan mendongkrak laju pertumbuhan. [O-2]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!