SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Rabu, 1 Oktober 2014
BS logo

Tingkat Konsumsi Plastik Tahun Ini Dapat Tembus 3 Juta Ton
Selasa, 10 April 2012 | 8:54

Ilustrasi kemasan plastik [google] Ilustrasi kemasan plastik [google]

[JAKARTA] Kebutuhan plastik dalam negeri masih cukup tinggi, terutama bagi pertanian. Sebut saja konsumsi plastik di Indonesia tahun lalu mencapai 2,8 juta ton. Tahun ini juga diperkirakan meningkat.  

Wakil Ketua Indonesian Olefin, Aromatic and Plastic Industry Association (Inaplas) Budi Santoso mengatakan dengan pertumbuhan sekitar 5-6 persen seiring pertumbuhan ekonomi, tahun ini diprediksi menembus 3 juta ton. Namun hal itu dapat terwujud jika ekonomi kita bagus.  

”Diharapkan, pertumbuhan konsumsi plastik bisa mencapai 8 persen tahun ini. Namun harapan tersebut diperkirakan sulit terpenuhi mengingat akhir-akhir ini kerap terjadi banjir di sejumlah tempat karena penumpukan sampah plastik," ujarnya saat menggelar jumpa pers pameran industri percetakan, pengemasan dan plastik di Jakarta, Senin (9/4).  

Dua tahun lalu, panen raya bisa mencapai dua kali, sehingga permintaan konsumsi plastik sektor pertanian cukup tinggi. 

Tahun lalu panen raya hanya sekali dan tahun ini karena banyak banjir rasanya permintaan tidak terlalu tinggi.   Selain itu, Budi melihat konsumsi plastik nasional masih bisa meningkat dengan dorongan pertumbuhan industri otomotif. Industri otomotif yang tahun lalu memproduksi 800.000 unit kendaraan, tahun ini diharapkan bisa memproduksi hingga mencapai 1 juta unit kendaraan.  

"Sayangnya kebutuhan plastik untuk industri otomotif ini masih dipasok dari luar negeri yaitu negara produsen seperti Jepang," tutup Budi. [H-15]   




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!