SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Selasa, 21 Oktober 2014
BS logo

TKI Telantar di Saudi Akan Segera Dipulangkan
Rabu, 12 Januari 2011 | 17:44

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar

[JAKARTA] Pemerintah sedang serius membicarakan untuk memulangkan sekitar 200 buruh migran Indonesia yang terlantar di kolong jembatan di Saudi Arabia.

“Sampai hari ini, masalah TKI itu sedang dibahas langkah-langkah konkrit di bawah pimpinan Menkopolhudkam,” kata Plt Dirjen Pembinaan Penempatan dan Perlindungan TKI di Luar Negeri, Kemenakertrans, Soenarno, kepada SP, di kantornya, Rabu (12/1).

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Biro Hukum Kemenakertrans ini mengatakan, untuk memulangkan para TKI itu melibatkan sejumlah instansi seperti Kemenakertrans, Kementerian Luar Negeri, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) dan Kementerian Agama.

Sampai Rabu (12/1), genap tiga bulan, sekitar 200 buruh migran Indonesia terlantar di kolong jembatan di Saudi Arabia dan dalam kondisi yang memprihatinkan. Dengan segala keterbatasan, mereka, terutama para perempuan dan anak-anak, bertahan untuk hidup di tengah ketidakpedulian pemerintah terhadap nasib mereka. Mereka tidur di trotoar dalam dingin hanya dengan beralaskan tikar dan setiap hari menanti uluran tangan siapapun untuk sekedar makan.

Menurut Soernarno, besarnya dana untuk memulangkan para TKI masih dibahas. “Kita masih bahas, dan chek lagi ke sana,” kata dia.

Soenarno menambahkan, yang mempunyai kewajiban langsung untuk memulangkan para TKI itu adalah Kemenlu dan BNP2TKI. [E-8]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Data tidak tersedia.
Data tidak tersedia.