SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Sabtu, 1 November 2014
BS logo

Makanan-makanan Pencegah Penuaan
Kamis, 10 Februari 2011 | 15:56



[LOS ANGELES] Kaum wanita yang telah mencapai menopause, mengalami penurunan dalam hormon oestrogen dan kandungan kolagen. Para ahli riset meyakini sebanyak 30 persen dari satu jenis kolagen hilang dalam lima tahun pertama setelah mengalami menopause. Namun sebuah studi menunjukkan, kaum wanita pascamenopause ternyata masih mampu meningkatkan level kolagen sebanyak enam persen dalam waktu enam bulan.

Kolagen adalah salah satu protein yang menyusun tubuh manusia. Keberadaannya adalah kurang lebih mencapai 30 persen dari seluruh protein yang terdapat di tubuh. Kandungan ini adalah struktur organik pembangun tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit. Serat kolagen memiliki daya tahan yang kuat terhadap tekanan. Untuk kulit keberadaan kolagen mampu mempertahankan kekenyalan kulit sehingga tidak gampang muncul kerutan tanda penuaan.

Sejumlah makanan diketahui memiliki kandungan kolagen tinggi yang bisa mencegah penuaan secara dini. Tahu dan kedelai mengandung senyawa yang dikenal sebagai phytoestrogen yang memiliki efek sama seperti hormon estrogen. Jika Anda mengonsumsi kedelai,

Anda dapat membantu menolong kulit untuk terus memproduksi kolagen. Kemudian konsumsi ikan-ikan laut berminyak seperti salmon, mackerel, sarden, dan herring juga baik untuk kulit karena mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi untuk membantu kekenyalan kulit. Itulah mengapa makanan ikan ini disebut sebagai makanan super untuk kulit.

Ahli kulit dari AS Dr Nicholas Perricone mengatakan, mengonsumsi ikan berminyak bisa mengurangi peradangan pada kulit. Ia meyakini peradangan kulit memang tidak langsung tampak, namun secara perlahan akan mengurangi kandungan kolagen di kulit. “Dengan mengonsumsi ikan salmon menjadikan Anda melindungi kandungan kolagen di kulit,” katanya.

Makanan lain adalah sayur bayam, kol dan seledri air sangat kaya kandungan antioksidan yang dikenal dengan nama lutein. Antioksidan sangat penting dalam mempertahankan tingkat kolahen di kulit dan juga membantu menetralisir radikal bebas. Radikal bebas adalah senyawa kimia yang ebanyakan berasal dari sinar UV (matahari) dan polusi.

Selain lauk pauk dan sayuran, mengonsumsi buah blueberries juga berguna untuk mencegah penuaan. Blueberries dan strawberry kaya akan vitamin termasuk vitamin c yang merupakan esensi dari kolagen.

Lalu apa yang mesti dihindari untuk mencegah penuaan? Saat Anda sudah berusia kurangilah mengonsumsi gula. Menurut ahli kulit Dr Fredric Brandt, gula memproduksi peradangan di kolagen. [L-9]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!



Data tidak tersedia.
Data tidak tersedia.