SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Kamis, 23 Oktober 2014
BS logo

Minuman Khas Natal
Rabu, 15 Desember 2010 | 13:51



Berita Terkait

Hari Natal tinggal hitungan jari, mari siapkan pembaruan dengan merayakan kelahiran Sang Penebus. Karena sifatnya perayaan, maka tak heran apabila suasana Natal identik dengan keriaan. Keriaan dimaksud biasanya dengan acara berkumpul bersama sanak keluarga dan sahabat. Kesempatan berkumpul ini, pastinya tak akan meriah tanpa adanya aneka hidangan dan minuman. 

Makanan khas Natal biasanya berupa aneka kue, cake dan roti manis yang berasa buah seperti anggur, kismis, ceri, nenas, apel dan jeruk. Lantas bagaimana dengan minuman khas Natal? Karena Natal biasanya bertepatan dengan musim hujan dan musim dingin, maka minuman khas Natal, umumnya berasa manis dan memberikan efek hangat. Efek hangat ini bisa karena minuman disajikan panas atau karena minuman tersebut, memang mengandung alkohol, sehingga hangat di tenggorokan.  

Minuman khas Natal yang terkenal yakni Gluhwein. Minuman asal Jerman ini, seperti bunyinya, memang mengandung wine atau sari anggur yang telah difermentasi yang ditambah perasan jeruk lemon.    Namun, racikan gluhwein cukup unik karena juga dilengkapi rempah-rempah yakni kayu manis dan bunga cengkih. Selain mengandung wine yang menimbulkan efek hangat di tenggorokan, gluhwein ini juga disajikan dalam keadaan hangat. Rasanya pas di malam kudus yang dingin.  

Sementara itu, perayaan Natal di Indonesia, umumnya dimeriahkan dengan cake dan kue-kue kering, yang juga ditemui di perayaan Lebaran. Contohnya, lapis Surabaya, kue nastar, dan kaastengel. Sedangkan untuk minuman, aneka minuman ringan yang berasa manis, menemani beragam camilan tadi. Natal tahun ini Anda ingin menyajikan minuman yang khusus dan beda?

Barangkali bisa mencoba resep berikut, yakni sajian minuman manis yang berempah yang tidak mengandung alkohol. Ada yang menyebut, minuman ini sebagai Carolling Cup dan ada yang menyebutnya sebagai Apel Hangat.

Berikut resepnya:
Bahan-bahan:      
-  3 buah bunga cengkih
 -  1 batang kayu manis
-  1 buah jeruk Sunkist (peras buahnya)
 -   1 botol jus apel. 

Cara membuat:
 1.Tempatkan semua bahan-bahan di atas ke dalam panci saus (panci bergagang).
2. Rebus tapi jangan sampai mendidih, cukup sampai panas, kemudian sajikan. [N-5]  




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!