SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Sabtu, 29 November 2014
BS logo

19 Gunung Berapi di Indonesia,Status Waspada
Senin, 1 November 2010 | 16:48

Cuaca cerah di puncak Gunung Merapi, menampilkan panorama yang indah. (Foto: SP/Fusaka Sani Evani)

Cuaca cerah di puncak Gunung Merapi, menampilkan panorama yang indah. (Foto: SP/Fusaka Sani Evani)

[JAKARTA] Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)Surono menyatakan, saat ini ada 19 gunung berapi di Indonesia yang berstatus waspada, termasuk Krakatau.

Selain itu, ada dua gunung berapi yang berstatus siaga, seperti Gunung Ibu di Halmahera dan Karangetang di Maluku Utara.
“Wajarlah. Indonesia punya gunung berapi terbanyak di dunia. Aktivitas biasa saja, rutin saja,” katanya, di Kantor Presiden RI, Senin (1/11).

Belakangan ini, media menghebohkan pemberitaan mengenai ancaman letusan Gunung Anak Krakatau yang berstatus waspada. Penyajian pemberitaan terlihat berlebihan seakan-akan gunung merapi tersebut akan meletus.

Surono menegaskan, status waspada gunung berapi Anak Krakatau bukan hal yang baru. “Itu kan sudah lama waspada. Dia (Anak Krakatau) tidak akan naik kelas. Sebelumnya Merapi juga sudah waspada,” katanya.

Surono menerangkan, selama penduduk maupun wisatawan berada sekitar dua kilometer dari gunung berapi tersebut, mereka tetap aman.

“Saya juga sudah memberikan informasi kepada Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah yang sempat menanyakan keamanan Gunung Anak Krakatau. Sebab, ada sejumlah wisatawan mancanegara yang mempertanyakan keamanan gunung merapi tersebut,” katanya. [W-12]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!