SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Kamis, 2 Oktober 2014
BS logo

Pemilukada Banten

2.024 Pengawas Akan Dikerahkan untuk Awasi Kampanye
Jumat, 23 September 2011 | 9:15

Tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Banten Hj Ratu Atut Chosiyah-Rano Karno (nomor urut 1), Wahidin Halim-Irna Narulita (nomor urut 2) dan Jazuli Juwaini-Makmun Muzakki (nomor urut 3) setelah pengundian nomor urut di Cilegon, Kamis (25/8). (Foto: SP/Laurens Dami)   
Tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Banten Hj Ratu Atut Chosiyah-Rano Karno (nomor urut 1), Wahidin Halim-Irna Narulita (nomor urut 2) dan Jazuli Juwaini-Makmun Muzakki (nomor urut 3) setelah pengundian nomor urut di Cilegon, Kamis (25/8). (Foto: SP/Laurens Dami)

[CILEGON] Sebanyak 2.204 pengawas akan dikerahkan untuk mengawasi kampanye tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur peserta pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) Banten yang akan dimulai 5-18 Oktober. Ribuan personil pengawas ini terdiri atas anggota Panwas Pemilukada Provinsi Banten, Panwas kabupaten/kota hingga pengawas pemantauan lapangan (PPL).

Koordinator Pengawas Pokja Kampanye Panwas Pemilukada Banten Sabihis, di Cilegon, Kamis (22/9) menjelaskan, ribuan personil pengawas itu akan memantau seluruh kegiatan kampanye yang dilakukan oleh masing-masing pasangan calon. Kampanye yang perlu diawasi itu tidak hanya terbatas pada kampanye terbuka, tetapi juga pertemuan terbatas dilaksanakan di dalam ruangan atau gedung yang bersifat tertutup, dan rapat umum.

“Para pengawas akan disebar di seluruh wilayah Banten. Ini dilakukan untuk memastikan pelaksanaan kampanye itu benar-benar sesuai dengan peraturan dan perudang-undangan yang berlaku. Jika ada yang melanggar akan kami proses,” ujar Sabihis, seusai   menghadiri rapat koordinasi penetapan jadwal lokasi, jalur protokol, dan rute kampanye dengan KPU Banten, KPU kabupaten/kota se-Banten, Panwas Pemilukada kabupaten/kota, dan perwakilan tim sukses dari masing-masing pasangan calon, di Hotel Permata Cilegon, Kamis, (22/9).

Dia menjelaskan, pengawasan terhadap pelaksanaan kampanye pemilukada bertujuan untuk memastikan integritas penyelenggaraan kampanye sehingga berlangsung secara aman, tertib, damai,berkualitas, dan menjunjung tinggi etika berdemokrasi. Selain itu, adanya perlakuan yang sama oleh penyelenggara pemilukada terhadap semua peserta, pemerintah dan pihak terkait lainya terhadap semua pasangan calon, partai politik atau gabungan partai politik yang mengusung pasangan calon dalam mempersiapkan dan menyelenggarakan kampanye dan terselenggaranya kampanye pemilukada sesuai dengan ketentuan peraturan perundangundangan.

“Kami mengimbau kepada semua pasangan calon untuk membawakan materi kampanye yang meliputi visi, misi, dan program pasangan calon disampaikan dengan cara sopan, yaitu menggunakan bahasa atau kalimat yang santun dan pantas ditampilkan di depan umum. Tertib, yaitu tidak mengganggu kepentingan umum, bijak dan beradab, yaitu tidak menghasut, tidak mengadu-domba serta tidak menyerang pribadi, kelompok, golongan atau peserta pemilu lain, dan tidak melanggar ketentuan tentang materi kampanye yang dilarang oleh peraturan perundang-undangan mengenai pemilukada,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Intelkam Polda Banten Kombes Pol Sudaryanto menyampaikan, Polda Banten meminta kepada masing-masing tim sukses pasangan calon agar menyerahkan surat izin pemberitahuan jadwal kampanye. Penyerahan surat izin itu paling lambat tujuh hari sebelum pelaksanaan kampanye.

Dia mengungkapkan, pemberitahuan jadwal kampanye itu diwajibkan karena sudah tertuang dalam   Peraturan  Kapolri  No 6 tahun  2008   di mana diatur soal  tata  cara pelaksanaan  kampanye setiap pasangan calon harus menyampaikan surat pemberitahuan kepada pihak kepolisian.

Dia mengatakan, tim sukses juga harus melampirkan  surat penunjukan tim kampanye, rincian kendaraan yang akan digunakan, jumlah massa peserta kampanye, susunan acara kampanye dan surat izin pemilik bangunan yang digunakan. [149]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!