SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Jumat, 31 Oktober 2014
BS logo

300 Personel Kepolisian Amankan UN Di Serang
Senin, 15 April 2013 | 7:53

Ilustrasi Ujian Nasional. [Dok.SP] Ilustrasi Ujian Nasional. [Dok.SP]

[SERANG] Sebanyak 300 personel kepolisian dari Polres Serang dikerahkan untuk mengamankan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SMA/MA/SMK/SMLB dan peserta paket C yang mulai diselenggarakan Senin (15/4) ini.  

Kabag Ops Polres Serang Kompol Yudhis Wibisono, Minggu (14/4) mengatakan, pengamanan dilakukan dengan menerjunkan sebanyak 300 personil yang terdiri dari intel, Dalmas, dan lainnya.  

Yudhis menjelaskan bahwa pengamanan dilakukan secara terbuka dan tertutup. Pengamanan terbuka dilakukan oleh petugas Dalmas pada pendistribusian naskah UN dari dua titik penyimpanan di Untirta dan IAIN Sultan Maulaan Hasanudin Banten.

Sedangkan pengamanan tertutup dilakukan di sekolah-sekolah penyelenggara UN oleh polsek-polsek. "Pengamanan distribusi naskah UN ada 75 personil, sisanya di masing-masing polsek," ujarnya.  

Menurut Yudhis, pengamanan akan dilakukan hingga pelaksanaan UN selesai pada 18 April mendatang.

"Pengamanan di sekolah-sekolah ditekankan lebih pada preventif. Anggota juga berpakaian preman, sehingga keberadaan mereka tidak mengganggu konsentrasi peserta UN," jelasnya.  

Yudhis menjelaskan bahwa pengamanan dilakukan untuk mengantisipasi kebocoran naskah soal saat pendistribusian.

"Ini juga untuk antisipasi sabotase naskah UN dalam pendistribusiannya. Isu kebocoran soal juga akan diantisipasi agar tidak mengganggu konsentrasi peserta UN," ujarnya.  

Pendistribusian Naskah Soal UN   Sementara itu terkait naskah soal dan lembaran pengisian jawaban UN di Provinsi Banten telah didistribusikan ke sub-rayon yang telah ditetapkan. Pendistribusian lembaran soal dan lembaran pengisian jawaban UN ini berjalan dengan lancar.  

"Lembaran soal UN sudah didistribusikan semuanya. Memang ada keterlambatan dari percetakan, namun Kepala Dinas Pendidikan Banten Hudaya Latuconsina langsung yang menunggu di percetakan sehingga bisa ketahuan proses finishing dan langsung dipantau," kata Martin Ho Suarez, Kasi Fasilitas Sumber Daya Balai Pendidikan Non Formal Dinas Pendidikan  Banten.  

Suherman, koordinator pengawasan UN wilayah Kota Serang menuturkan, dari rayon di FKIP Untirta Serang, naskah selanjutnya didistribusikan ke sub-rayon seperti di SMAN 5 Kota Serang, SMK PGRI 1, MAN 1 dan MAN 2.  

"Untuk Kota Serang, peserta UN dari SMA sebanyak 2.714 orang dari 27 sekolah, SMK 4.949 siswa dari 33 sekolah, Madrasah Aliyah 942 siswa dari 18 sekolah dan paket C sebanyak 554 dari 22 sekolah," jelas Suherman.  

Sementara dari Kabupaten Pandeglang dilaporkan bahwa naskah soal UN sudah didistribusikan pada Minggu (14/4) sore ke sejumlah sub rayon. Peserta UN di Pandeglang untuk tingkat SMA sederajat  sebanyak 11.355 siswa.  

“Untuk Pandeglang rayonnya dipusatkan di Sekolah Tinggi Agama Islam Syech Manshur,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan (Dindik) Pandeglang Nurhasana.  

Ia menjelaskan, untuk SMA, jumlah pesertanya mencapai 3.583 orang dari 33 sekolah. Kemudian untuk MA sebanyak 2.943 orang dari 66 madrasah. Sedangkan SMK jumlah pesertanya 4.285 orang dari 57 sekolah.  

UN sendiri untuk siswa SMA dan MA akan dilaksanakan mulai 15 April hingga 18 April 2013. Sedangkan untuk SMK mulai 15 April hingga 17 April 2013.

Mata pelajaran yang akan diujikan d iantaranya Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan program studi sesuai jurusan masing-masing. UN di Pandeglang akan dilaksanakan di 568 ruangan. [149]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!