SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Jumat, 31 Oktober 2014
BS logo

Alasan Ngga Jelas, Pemilihan Ketua KPK Ditunda Hingga Siang Hari
Jumat, 2 Desember 2011 | 11:03

Gedung KPK [google] Gedung KPK [google]

[JAKARTA] Pemilihan Ketua KPK yang sedianya digelar pada pukul 09.00 WIB hari ini oleh Komisi III DPR terpaksa ditunda hingga pukul 14.00 WIB. Sejumlah anggota Komisi III pun mempertanyakan alasan ditunda.

“Pemberitahuan mendadak. Pemilihan ditunda. Ini bisa menimbulkan tanda tanya besar,” kata anggota Komisi III DPR Ahmad Yani, di gedung Parlemen, Jumat (2/12).

Pengamatan SP di ruang Komisi III DPR, sejumlah anggota sudah hadir. Namun, ketua Komisi III tidak tampak.
Pada pukul 09.00 WIB, sebelum pemilihan, Pimpinan KPK Busyro Muqoddas tidak bisa hadir. Namun, dari surat yang ditunjukkan sejumlah anggota Komisi III, Busyro bersedia memimpin KPK.

Pada pukul 9.30 WIB, sebagian anggota Komisi III telah hadir di ruang rapat. Namun, tak ada satu pun dari empat pimpinan Komisi III yang hadir. Para anggota yang hadir berkali-kali mempertanyakan mengapa proses pemilihan belum dimulai.

“Ini tidak ada pengumuman resmi dari tadi. Mestinya dibuka dulu rapat. Diberitahukan apa mau ditunda, apa mau ditiadakan pemilihan ini,” kata anggota Komisi III dari Fraksi PDI-P Ahmad Basarah.

Anggota Komisi III dari Fraksi Partai Hanura Syarifudin Sudding menegaskan, pimpinan sudah melanggar tata tertib ini. Tidak ada kewenangan ketua untuk menunda rapat yang sudah disepakati. Ini jangan-jangan belum ada kesepakatan di Setgab lalu pemilihan ditunda,” katanya.

Ketua Komisi III Benny K Harman sebelum menutup fit and proper test kemarin menyatakan proses pemilihan akan dimulai jam 9.00 WIB. Bahkan dia meminta agar seluruh anggota Komisi III hadir. Benny mengatakan, seluruh proses diharapkan selesai sebelum salat Jumat. Politisi Fraksi Partai Demokrat itu juga menyebut akan keluar kota pukul 13.00 WIB nanti.

Namun, sekitar pukul 10.15 WIB, Ketua Komisi III Benny K Harman muncul.

Kemudian, perdebatan justru meluas kepada surat izin ketidakhadiran Busyro Muqoddas. PKB dan Demokrat menegaskan bahwa Busyro Muqoddas harus dihadirkan di sidang pemilihan pimpinan KPK. Fraksi lainnya, berkukuh tetap melanjutkan pemilihan KPK.

Dalam klarifikasinya, Ketua Komisi III Benny K Harman tidak mempermasalahkan keterlambatan Ketua Komisi. “Tidak ada masalah, Ketua Komisi III tidak hadir atau terlambat. Sebab, pada praktiknya, undangan jam 09.00 WIB, pelaksanaannya tetap jam 10.00 WIB. Apalagi, ini hari Jumat. Kalau semua anggota lengkap, ya jangan dimulai. Juga saya klarifikasi, tidak ada hubungannya dengan Setgab,” katanya.

Terkait keputusan ketidakhadiran Busyro Muqoddas, Benny mengulang keputusan rapat pleno sebelumnya.

“Saat itu keputusan sudah bulat, Busyro Muqoddas harus hadir secara fisik. Jadi dia harus tetap hadir. Masalahnya, saat ini Busyro tidak hadir. Bagaimana? Kalau masih ada perbedaan pendapat atau belum bulat, ada mekanismenya, ya lobi lagi,” katanya. [W-12]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!