SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Jumat, 31 Oktober 2014
BS logo

Anggota Kopassus Ditembak Mati Saat Berburu di Papua
Senin, 28 Maret 2011 | 10:44

Anggota Kopassus Anggota Kopassus

[JAYAPURA]  Seorang anggota Kopassus Grup 3 bernama Aris Badaruddin berpangkat Kopda, yang bertugas di Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Pos Kaliup Distrik Waris Kabupaten Keerom,  tewas tertembak oleh anggota Satgas 141 berinisial Pratu Y saat berburu di hutan Kali Kodok. 

Dari informasi yang diperoleh SP, Papua, peristiwa tersebut bermula saat seorang warga masyarakat bersama dua orang anggota Satgas 141 pergi berburu ke Kali Kodok dan pada saat bersamaan anggota Sattis Tribuana juga tengah berburu di lokasi yang sama.

Saat itu  anggota Kopassus yang berburu mendengar bunyi tembakan dan mereka bergerak mendekati asal suara, namun di sisi lain anggota Satgas 141 melihat pergerakan anggota Kopasus tersebut dan mengira itu adalah rusa sehingga melepaskan tembakan ke arah tersebut. Namun ternyata yang terkena tembakan adalah Kopda Aris Badaruddin, dan meninggal di tempat.

Kepala Penerangan Kodam (Kependam) XVII Cenderawasih Letkol Harry Priyatna ketika di konfirmasi SP, Senin  (28/3) pagi, mengaku belum mendapatkan informasi tentang kejadian. "Saya belum punya informasi dan tak ada kejadian ditutup-tutupi," ujarnya.

Sementara secara terpisah Assintel Kodam (Kependam) XVII Cenderawasih Letkol. Viktor Tobing saat ditemui wartawan, Senin (28/3) pagi di Abepura membenarkan kejadian tersebut. Tapi, ia menegaskan  ini insiden kecelakaan saat latihan yang terjadi diperbatasan, Rabu (24/3) sore. Kejadian ini tak ditutup tutupi.

"Ini latihan bersama yang terjadi di sana, tidak ada yang lain. Ini menjadi internal kami. Kami akan mengevaluasi masalah ini ke dalam," ujarnya.

Korban kemudian dikirim ke Jakarta dan langsung dikebumikan. Sedangkan pelaku penembakan saat ini sedang diproses hukum. [154]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!