SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Minggu, 25 Juni 2017
BS logo

AS Tembak Jatuh Pesawat Suriah
U-5 | Senin, 19 Juni 2017 | 12:19

Pesawat jet tempur AS F/A-18E Super Hornet [AFP] Pesawat jet tempur AS F/A-18E Super Hornet [AFP]

[RAQQA] Pasukan koalisi pimpinan Amerika Serikat telah menembak jatuh satu pesawat militer Suriah dekat Raqqa, Minggu (18/6). Sebelumnya, pesawat itu baru menjatuhkan bom di wilayah utara Suriah.

"Pada pukul 18.43 waktu setempat, pesawat militer Suriah SU-22 menjatuhkan bom dekat basis pejuang SDF di selatan Tabqah, dan menurut aturan berlaku dan koalisi pertahanan kolektif, pesawat itu ditembak jatuh oleh jet AS F/A-18E Super Hornet," bunyi pernyataan satuan gabungan koalisi.

Disebutkan pula, dua jam sebelumnya, pasukan loyalis Presiden Bashar al Assad menyerang Satuan Demokratis Suriah di kota Ja'din, selatan Tabqah. Serangan itu melukai sejumlah pejuang SDF dan memukul SDF dari kota.

Sebaliknya, stasiun televisi yang dikelola pemerintah Suriah melaporkan bahwa pesawat tersebut ditembak jatuh saat sedang mengemban misi melawan kelompok di basis milisi kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS). Aksi itu, menurut stasiun televisi tersebut, akan memiliki "dampak berbahaya" terhadap upaya memerangi terorisme.

Di lain pihak, militer AS mengatakan tindakan itu termasuk aksi membela diri setelah militer Suriah menjatuhkan sejumlah bom dekat milisi sokongan AS. Meski demikian, militer AS menekankan bahwa mereka tidak berniat memerangi pemerintah Suriah.

"Sesuai dengan aturan kontak senjata dan aksi membela diri pasukan mitra koalisi secara kolektif, (pesawat tersebut) segera ditembak jatuh," sebut pernyataan militer AS.

Insiden itu dilaporkan berlangsung di Ja'Din, sebuah kota yang dikuasai Pasukan Demokratik Suriah (SDF). Dua jam sebelum penembakan, militer Suriah loyalis Presiden Bashar al-Assad diklaim menyerang milisi SDF, melukai beberapa di antara mereka, dan berupaya mengusir SDF dari Ja'Din.

Padahal, milisi SDF, yang disokong oleh serangan udara pasukan koalisi AS, tengah berupaya mengepung Kota Raqqa guna memerangi kelompok ISIS.

"Aksi-aksi dan niatan bermusuhan yang ditunjukkan pasukan pro-rezim terhadap koalisi dan pasukan mitranya di Suriah yang sedang melakukan operasi melawan ISIS tidak akan ditoleransi," sebut militer AS.

Penembakan jatuh pesawat di Suriah bukan kali pertama terjadi. Awal bulan ini, AS menembak jatuh drone bersenjata milik kelompok pro-pemerintah Suriah setelah pesawat nirawak itu diklaim melancarkan tembakan ke arah pasukan koalisi pimpinan AS dekat perbatasan Al-Tanf yang memisahkan Suriah dan Irak. [BBC/AFP/U-5]




Kirim Komentar Anda


Pasang iklan disini via B1 Ads