SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Kamis, 2 Oktober 2014
BS logo

Awal September 2013, Bandara Komodo Didarati Boeing
Selasa, 9 Juli 2013 | 19:27

Pesawat Aviastar sedang parkir di Bandara Komodo, Labuan Bajo, Manggarai Barat. Pesawat Aviastar sedang parkir di Bandara Komodo, Labuan Bajo, Manggarai Barat.

[LABUAN BAJO] Bandara Komodo di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) akan mulai  didarati pesawat Boeing kelas 737 mulai awal September 2013.

Saat ini, pengerjaan perpanjangan landasan pacu dan pemotongan dua bukit dipangkal dan di dekat  bandara tersebut sedang dilakukan.

Demikian dikatakan Kepala Bandara Komodo Labuan Bajo, Fuadani kepada SP di Labuan Bajo, Selasa (9/7).

Saat ini Bandara Komodo sepanjang 1.850 meter, dan nanti akan menjadi 2.150 meter. "Sekarang sepanjang 300 meter sedang dikerjakan," kata Fuadani.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga sedang meratakan atau mengusur dua bukit dekat pantai yang tak jauh dari pangkalan bandara yakni bukit Kelumpang dan Bukit Cinta.

"Kita sedang meratakan Bukit Kelumpang, tak lama lagi selesai dan akan langsung mengerjakan Bukit Cinta," kata dia.

Menurut Fuadani, targetnya Bandara Komodo bisa didarati pesawat Boeing 737 sejak awal September 2013.

"Itu berarti pas Sail Komodo Bandara Komodo bisa didarati pesawat Garuda Boeing 737 yang ditumpangi Pak Presiden RI," kata dia.

Fuadani mengatakan, saat ini pihaknya juga sedang membangun terminal Bandara Komodo dengan luas bangunan 3.300 meter persegi.

Pantuan SP pembangunan terminal bandara  tiga lantai itu sudah selesai sekitar 50 persen yakni konstruksi dan atap, namun  tak terlihat satu orang pun tukang yang  sedang bekerja.

Menurut Fuadani, pembangunan terminal bandara tersebut berhenti sejak sekitar satu bulan lalu, dan sekitar beberapa minggu ke depan akan dilanjutkan pembangunannya.

Pembangunan berhenti sementara, kata dia, karena dana tahap pertama untuk konstruksi dan atap sebanyak Rp 46 miliar sudah habis.

Sedangkan untuk kelanjutnya, kata dia, dilakukan pelelangan lagi yang anggarannya sebanyak Rp 93 miliar. "Dana sebanyak itu termasuk untuk kursi, lemari, ac termasuk tanaman," kata dia.

Ia menambahkan, terminal bandara yang sedang dibangun itu akan menampung sekitar 600-700 orang penumpang.

Saat ini, kata dia, penumpang bandara Komodo sekitar 400 orang per hari yang dilayani oleh empat armada pesawat jenis Foker.

Fuadani memastikan, kalau Bandara Komodo sudah bisa didarati pesawat Boeing 737, maka harga tiket Labuan Bajo - Denpasar Bali dan sebaliknya yang saat ini sampai Rp 1.400.000 per orang akan turun menjadi Rp 400.000 - 500.000 saja.

Sementara Sekretaris Kabupaten Manggarai Barat, Rofinus Mbon, ketika ditanya soal kesiapan Pemkab Mabar dalam menyambut Sail Komodo yang  akan dilaksanakan 14 September 2013, menjawab, yang melakukan persiapan semuanya adalah pemerintah pusat.

Pemkab Mabar  hanya menyediakan lapangan untuk pameran. "Termasuk barang dan stand untuk dipamerkan disiapkan oleh pemerintah pusat," kata dia. [E-8]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!