SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Sabtu, 25 Oktober 2014
BS logo

Azis Syamsuddin: Inafis Harus Dihentikan
Rabu, 25 April 2012 | 18:12

Azis Syamsuddin. [gogole] Azis Syamsuddin. [gogole]

[JAKARTA] Wakil Ketua Komisi III DPR RI Azis Syamsudin menegaskan, pembuatan kartu INAFIS (Indonesian Automatic Fingerprint Identification System) harus dihentikan, apalagi  jika memungut dana dari masyarakat.  

"Inafis ini sudah dibahas di Komisi III  DPR RI jauh hari sebelumnya e-KTP. Ini (Inafis, Red) dengan catatan tidak memungut biaya dari masyaerakat. Kalau memungut biaya maka harus dihentikan," kata Azis Syamsudin di Senayan Jakarta, Rabu (25/4).  

Mabes Polri meluncurkan proyek pembuatan kartu Inafis. Pembuatan kartu Inafis ini diwajibkan bagi siapa saja yang ingin membuat atau memperpanjang SIM. Pembuatan Inafis ini dikenakan biaya Rp 35.000.  

Azis menjelaskan bahwa Inafis merupakan program Polri yang sudah digagas jauh hari sebelum e-KTP dibahas. Pertanyaannya, apakah Inafis ini masih diperlukan setelah ada e-KTP ada?. Apalagi  memungut biaya.  

Dia menjelaskan, kartu Inafis ini sebenarnya masalah sidik jari yang secara prinsip sama dengan e-KTP.  "Kalau (Inafis) ini sepanjang program tambahan tanpa dipungut biaya, ya boleh saja. Kalau sampai memungut biaya maka harus dihentikan," kata Azis. [Ant/L-8]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!