SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Sabtu, 1 November 2014
BS logo

Banten Contoh Politik Dinasti yang Sempurna
Rabu, 24 Juli 2013 | 17:44

Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah. [Antara] Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah. [Antara]

[JAKARTA] Provinsi Banten adalah contoh politik dinasti yang paling sempurna. Karena itu, jika ingin belajar politik dinasti, datanglah ke Banten.

Hal itu dikatakan Senator dari Provinsi Banten, Ahmad Subadri dalam diskusi tentang “Fenomena Politik Dinasti” bersama pengamat politik M Qodari dan pakar hukum tata negara, Margarito Kamis di Jakarta, Rabu (24/7).

Subadri mengatakan, contoh politik dinasti yang paling sukses dan sempurna adalah dinasti Gubernur Banten, Ratu Atut Chosiyah.  Ratu Atut terpilih sebagai gubernur Banten dan keluarganya ini menjadi pejabat penting di kabupaten/kota yang ada di Banten.

“Dulu sejak awal reformasi, KKN (kolusi, korupsi, dan nepotisme) menjadi musuh bersama. Tapi kini seolah biasa karena melibatkan berbagai elemen masyarakat, dan malah memberi toleransi terhadap nepotisme politik,” katanya.

Walau tidak melanggar konstitusi, politik dinasti, kata Subadri,  hanya akan memperhatikan diri dan keluarganya. Rakyat diabaikan.

“Lihat saja di Banten, bukan saja kerabatnya yang menjadi pejabat, tapi memiliki kekuatan uang. Entah dari APBD atau dari mana.  Tentu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang mengetahui hal itu,” ujarnya.

Lebih bahaya lagi, kata Subadri,  di Banten para pejabat bisa meng-order hakim pengadilan, kepolisian, dan pejabat tinggi lainnya untuk memuluskan politik dinasti.

“Untuk itu saya mendukung pembatasan dinasti politik tersebut, guna memberi kesempatan kepada orang lain,” tegasnya. [L-8]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!