SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Jumat, 28 November 2014
BS logo

Belanda Akui Kedaulatan Indonesia
Jumat, 1 Oktober 2010 | 9:38

[JAKARTA] Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Luar Negeri Teuku Faizasyah mengatakan, Pemerintah Belanda akhirnya mengakui kedaulatan Indonesia secara tertulis. Pengakuan tersebut akan disampaikan saat kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke Belanda pada 5 hingga 8 Oktober mendatang.

“Akan ada penandatanganan pengakuan kedaulatan kemerdekaan Indonesia oleh Pemerintah Belanda,” katanya di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (30/9).

Teuku mengemukakan, selama ini Pemerintah Belanda hanya mengakui penyerahan kedaulatan, bukan pengakuan kedaulatan Indonesia. Hal ini dinilai menjadi beban sejarah bagi Indonesia. Dengan sikap Belanda itu, ujarnya, ada realitas sejarah yang berubah, dari penyerahan kedaulatan menjadi pengakuan kedaulatan.

Dikatakan, Menteri Luar Negeri Belanda pernah dikirim ke Indonesia untuk memperingati HUT RI 17 Agustus pada 2005. “Secara de facto, Belanda sudah mengakui kemerdekaan Indonesia,” katanya.

Kunjungan SBY ke Belanda, kata Teuku, adalah kunjungan bilateral pertama Presiden ke Negeri Kincir Angin itu. “Ini kunjungan yang sudah tertunda selama 4 tahun,” katanya.

Kunjungan tersebut juga untuk menyepakati kerja sama kedua negara secara komprehensif. Presiden dijadwalkan akan bertemu Ratu Beatrix dan Perdana Menteri Belanda. Selain itu, ada pertemuan bisni dengan pengusaha-pengusaha besar Belanda [W-12]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!