SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Minggu, 23 November 2014
BS logo

Blusukan Jokowi Diabadikan dalam Lagu
Senin, 18 Maret 2013 | 11:51

Blusukan Jokowi mendapat sambutan warga. [Antara] Blusukan Jokowi mendapat sambutan warga. [Antara]

[JAKARTA] Blusukan yang kerap kali dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) ternyata melahirkan inspirasi bagi seorang pemuda yang gemar akan lagu hip hop dan rap, Muhammad Sofyan (24). Kerap mengikuti blusukan bersama DKI 1, Vian, sapaan akrabnya melahirkan sebuah karya lagu hip hop yang dinyanyikannya sendiri berjudul "Blusukan".

Pria yang sehari-hari bekerja sebagai driver salah satu televise  swasta, ini, memang memiliki komunitas hip hop dan rapper sendiri bernama Cabul Family. Diakuinya jika lagu Blusukan tercipta setelah dirinya sering mengikuti blusukan Jokowi bersama para awak media yang kerap kali mengikuti kemanapun mantan Wali Kota Solo itu pergi. 

"Saya menciptakan lagu tersebut karena saat ikut blusukan kaget, kok ada Gubernur yang mau turun ke lapangan? Saya salut," katanya.

Menurut pemuda yang sudah menciptakan sebanyak 10 lagu hip hop, termasuk lagu Blusukkan tersebut, berdasarkan pengalamannya mengikuti Jokowi blusukan, banyak tantangan yang harus dilaluinya. Apalagi dirinya merupakan seorang driver yang membawa reporter dan kameramen untuk liputan.

Membuntuti mobil sang gubernur bersama mobil-mobil media lainnya sehingga menjadi rombongan yang paling panjang di jalan raya, memberikan kesan tersendiri baginya. Mulai dari ketinggalan rombongan, kebut-kebutan supaya tidak tertinggal, bahkan hingga tabrakan beruntun dengan mobil media lain pun pernah dirasakannya.

"Ada tantangan sendiri saat mengikuti dia. Dia ingin turun langsung bertemu masyarakatnya," kata Vian.

Diakui Vian, dirinya membuat lagu tersebut pada Minggu (10/3) lalu. Ia hanya menghabiskan 2,5 jam untuk merekam lagu tersebut sehingga akhirnya menjadi lagu soundtrack para wartawan yang setiap hari menjadi "loyalis" Jokowi.

Ia pun dengan bangga mendedikasikan lagu tersebut untuk teman-teman wartawan yang kerap menjadi followers Jokowi. "Ya, cuma buat senang-senang, membagikan buat teman-teman wartawan yang sering blusukkan," katanya.       

Menggapai Cita-cita
Pemuda yang bermukim di Kramat Pulo Gundul, Tanah Tinggi, Jakarta Pusat ini, pun mengharapkan supaya lagu hip hop yang menjadi darahnya ini tidak hanya bisa terkespos dari kalangan atas saja, tetapi juga masyarakat bisa melihat bahwa dari kalangan bawah pun ada orang yang bisa menciptakan lagu aliran tersebut dengan kreatif seperti dirinya. 

Selain itu, Vian pun berharap supaya dirinya bisa berkuliah kembali. Lagu Blusukan yang diciptakannya tersebut diharapkan menjadi salah satu langkah baginya untuk menggapai cita-cita.

Lagu berdurasi 3 menit tersebut saat ini menjadi lagu wajib bagi para wartawan yang selalu mengikuti Jokowi blusukkan. Lagu tersebut menjadi salah satu lagu wajib dan lagu penyemangat untuk para wartawan yang blusukkan bersama Jokowi.

"Ya makin seru dan semangat saja kalau lagi blusukan, karena kita memang menjalani hal yang seperti itu," ujar Nurul Puspitasari, wartawan Radio Sindo Trijaya Jakarta.

Ia pun mengatakan, jika lirik lagu tersebut memang pernah dialaminya. Dengan demikian ia pun berharap dengan adanya lagu tersebut seluruh wartawan baik cetak, elektronik, maupun online yang ikut blusukkan bersama Jokowi bisa semakin kompak.

Hal yang sama juga dikatakan Luqman Rimadi, wartawan Liputan6.com. Menurutnya dengan adanya lagu blusukan tersebut bisa membuatnya semangat saat pergi blusukkan.

"Sebagai wartawan, pastinya senang ada yang menulis lagu itu, jadinya kalau jalan blusukan, makin semangat," katanya.

Sebagian besar dari wartawan yang selalu blusukan tersebut, merespon positif dengan munculnya lagu tersebut. Pasalnya, lirik yang diceritakan dalam lagu tersebut benar-benar pernah dialami mereka saat ikut blusukkan bersama Jokowi. [DMP/M-16]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!