SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Jumat, 31 Oktober 2014
BS logo

Data Anak Terlantar di Maluku Tak Akurat
Kamis, 25 April 2013 | 12:04

Ilustrasi anak terlantar [google] Ilustrasi anak terlantar [google]

[AMBON] Data anak terlantar yang berada di seluruh Maluku belum seluruhnya terakomodir, sehingga data yang ada pada Dinas Sosial Kota Ambon tidak dapat dikatakan akurat.

“Pasalnya, hanya baru empat kabupaten/kota yang memasukan data-data anak terlantar kepada Dinsos Maluku. Empat kabupaten/kota tersebut yakni, Kota Ambon, Maluku Tengah, Maluku Tenggara dan Buru,” kata Kepala Bidang Rehabilitasi Dinsos Maluku Hans Talaksoru di Ambon, Kamis (25/4).

Menurut Hans, tujuh kabupaten/kota lainya belum memasukan data anak terlantar hingga saat ini. Berdasarkan dari data yang dimasukan empat kabupaten/kota tersebut, maka  total keseluruhan jumlah anak terlantar dan anak jalanan yang baru terdaftar sebanyak 22. 589 orang.

Tiap tahun kita mendapat bantuan dari pemerintah pusat untuk 100 anak terlantar. “Setiap anak dapat Rp 1,5 juta.  Bantuan ini hanya diberikan dalam kurun waktu satu tahun, dan jika sudah melewati batas tanggal yang ditentukan maka akan diberikan bagi anak lain,” ujar Hans.

Dikatakan, hal ini dilakukan agar pemberian bantuan dilakukan secara merata. Sebelumnya Kepala Dinas (Kadis) Sosial Maluku, Poly Kastanya, mengatakan, sebenarnya anak terlantar bukan tagggung jawab dari pihaknya, namun ini merupakan tanggungjawab dari Dinsos yang ada di setiap kabupaten/kota untuk memberikan bantuan kepada mereka.

“Kita di provinsi ini hanya mempunyai tanggungjawab untuk menindaklanjuti bantuan dari pemerintah pusat dan diteruskan ke setiap kabupaten/kota,” kata Kadis.

Menurut Poly, tujuh kabupaten/kota yang belum memasukan data-data mengenai anak terlantar ini agar dapat segera disampaikan kepada pihaknya, sehingga ketika ada bantuan dari pemerintah pusat, maka anak-anak ini akan diperhatikan.[156]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!