SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Sabtu, 25 Oktober 2014
BS logo

Densus 88 Tangkap Seorang Pelaku Bom Cirebon
Selasa, 3 Mei 2011 | 11:50

M Syarif, pelaku Bom Cirebon (Foto: SP/Luther Ulag) M Syarif, pelaku Bom Cirebon (Foto: SP/Luther Ulag)

[JAKARTA] Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri menangkap seorang pelaku yang diduga terlibat bom bunuh diri di Mesjid Al Dzikro, Mapolres Kota Cirebon.  

"Pelaku berinisial M yang ditangkap kemarin di Slawi, di kawasan Pasar Malam," kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Polri, Kombes Pol Boy Rafli Amar di Jakarta, Selasa (3/5).  

Pelaku adalah seorang laki-laki saat ditangkap sedang berjualan di Pasar Malam di Slawi, ujarnya.  

"Ia ditangkap karena keterkaitan diduga memiliki dan menguasai bahan peledak dan masih diselidiki keterkaitan dengan bom di Cirebon," kata Boy.   Polri masih berupaya melakukan penggeledahan di tempat tinggal orang yang ditangkap tersebut. 

 "Selain itu, Polri juga masih melakukan pengejaran kepada beberapa orang di Jawa Tengah yang diduga terlibat bom di Cirebon," kata Boy.  

M Syarif adalah pelaku bom bunuh diri di Mesjid Al Dzikro Mapolres Cirebon pada hari Jumat (15/4).  

Hasil pemeriksaan DNA kedua orang tua Syarif yakni bapaknya bernama Abdul Gofur dan ibunya bernama Sri Mulat dicocokan dengan DNA pelaku ada kesamaan.  

Saat itu pelaku mendekat ke posisi Kapolresta Cirebon AKBP Herukoco yang saat shalat berdiri di baris nomor dua bagian depan.   Pelaku saat melakukan aksinya menggunakan lima lapis celana yang terdiri satu celana dalam, dua celana pendek dan dua celana panjang.  

Dalam pengembangan penyidikan, Densus 88 juga menangkap Basuki, adik kandung Muhamad Syarif karena terbukti terlibat dalam aksi peledakan itu.  

Saat penggeledahan rumah H Maina, mertua Basuki di sentra batik Trusmi, di Blok Bangbangan RT 13, Desa Trusmi Wetan, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon hari Selasa (19/4), Densus menemukan empat unit rangkaian bom, 40 buku jihad dan sembilan VCD dan foto-foto latihan ala militer. [Ant/L-9]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!