SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Sabtu, 1 November 2014
BS logo

DPR Janji, Maret 2012 RUU Pemilu Kelar
Senin, 2 Januari 2012 | 11:00

Arwani Thomafi [Tribunnews.com] Arwani Thomafi [Tribunnews.com]

[JAKARTA] Seluruh fraksi di DPR RI  kembali mengumbar janji. Kali ini mereka sepakat akan menyelesaikan pembahasan Rancangan Undang-Undang Pemilihan Umum (RUU Pemilu) pada awal Maret 2012.

Janji itu disampaikan Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus) RUU Pemilu, Arwani Thomafi kepada SP, di Jakarta, Senin (2/1). “Awal Maret sudah diketuk palu di pansus dan akan diparipurnakan. Beberapa minggu ini sudah dilakukan lobi antar pimpinan partai, meskipun tidak semua partai, tapi semua sepakat RUU Pemilu jadi prioritas,” kata Arwani.

Sekretaris Fraksi PPP tersebut menyatakan, memberikan waktu yang cukup untuk tahapan pemilu merupakan sebuah hal yang sangat penting. Kalau penyelesaian RUU Pemilu tertunda, kata dia, tentu akan berdampak kepada persiapan penyelenggara pemilu serta partai politik (parpol) terkait rekrutmen calon legislatif (caleg).  

Bahkan, lanjut dia, dua tugas berat sudah menanti penyelenggara pemilu. Pertama, melakukan verifikasi parpol peserta pemilu. Waktu yang sangat mendesak dapat berpengaruh pada proses verifikasi. Kedua, menyangkut tentang data pemilih. Waktu yang panjang akan menjadi penting untuk menghasilkan daftar pemilih tetap (DPT).  

“Pada Pemilu 2009 persiapan cuma setahun, maka untuk 2014 kita punya waktu 22 bulan. Jadi apapun hasilnya, Maret harus selesai, dan semua fraksi diharapkan bisa legowo,” ujar Arwani yang juga Anggota Komisi V DPR itu. [CKP/L-8]  




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!