SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Kamis, 27 November 2014
BS logo

DPT Pilgub Wilayah Kabupaten Bekasi 1,9 Juta
Senin, 14 Januari 2013 | 10:35

Ilustrasi pilkada. [Google] Ilustrasi pilkada. [Google]

[BEKASI] Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten telah menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pilkada Gubernur (Pilgub) Jawa Barat. Jumlah DPT di wilayah Kabupaten Bekasi sekitar 1,9 juta jiwa sedangkan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) sekitar empat ribu lebih.

"Rincinyan jumlah DPT Pilgub Jawa Barat di wilayah Kabupaten Bekasi yakni 1.912.903 jiwa dengan jumlah TPS sebanyak 4.086 TPS," ujar Ketua Pokja Pemutakhiran Data Pemilih KPU Kabupaten Bekasi, Idham Khalid, Minggu (13/1).

Menurut Idham, berdasarkan jumlah daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) yang diterima dari KPU Jabar sebanyak 2.069.434 jiwa dan 3.907 tempat pemungutan suara (TPS).

Berdasarkan data DP4 tersebut, ada penurunan jumlah DPT sekitar 156.531 jiwa namun jumlah TPS malah meningkat sebanyak 179 TPS. Hal ini dikarenakan asumsi TPS berdasarkan data dari Pilkada Bupati Kabupaten Bekasi tahun lalu.

"Bisa saja terjadi hal seperti itu. Awalnya, kami berdasarkan pada data Pilkada Bupati setelah diperbaiki banyak perubahan. Perhitungannya, setiap TPS tidak melebihi dari 600 pemilih," ujar Idham.

Menurut Idham, penambahan sekitar 156.531 orang, mayoritas merupakan para pemilih pemula yang saat ini telah berusia 17 tahun dan berhak untuk memilih.

Selanjutnya data pemilih  tersebut diserahkan ke KPU Jabar untuk ditetapkan menjadi DPT tingkat Jawa Barat.

Sejak ditetapkan DPT oleh KPU Kabupaten Bekasi, masih ada kesempatan untuk memperbaiki DPT hingga Selasa (15/1) nanti. [MKL]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!