SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Sabtu, 25 Oktober 2014
BS logo

Ganjar Pranowo Paling Berpeluang Jadi Cagub Jateng PDIP
Selasa, 5 Maret 2013 | 14:58

Ganjar Pranowo. [Antara] Ganjar Pranowo. [Antara]

[SOLO] PDI Perjuangan bakal konsisten mengusung kadernya sendiri dalam sejumlah pemilihan gubernur termasuk di Jawa Tengah. Meski keputusan DPP PDI Perjuangan mengenai pasangan calon masih akan diputuskan Selasa (5/3) siang ini, PDI Perjuangan hamper dipastikan bakal mengusung calon dari kadernya sendiri.   

“Dari kader sendiri,” kata Pelaksana Tugas Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah, FX Hadi Rudyatmo, Selasa pagi tadi.  

Menurut Rudyatmo, rekomendasi DPP PDI Perjuangan belum diteken dan baru akan dirapatkan di pleno Selasa (5/3) siang ini. Namun dari dinamika internal partai dan kepentingan strategis pada pemilu 2014 serta regenerasi partai, Walikota Solo ini mengatakan seperti halnya Pilgub di daerah lain partainya mengajukan calon yang berasal dari dalam partai atau kader. “Baik cagub maupun cawagub dari internal,” ujarnya.  

Rudyatmo menolak untuk menyebutkan kader partai yang bakal dicalonkan partainya karena belum menjadi keputusan partai. Jika informasi tersebut benar, maka calon dari luar seperti Sekda Jawa Tengah Hadi Prabowo yang sebelumnya dikabarkan memiliki peluang terbesar bakal tersingkir. “Pak Sekjen yang akan mengantar sendiri rekomendasi DPP nanti sore,” kata dia.  

Sementara itu, Sekjen PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo yang dihubungi SP, Selasa (5/3) pagi mengatakan siapapun pasangan calon yang direkomendasikan adalah yang terbaik. Dia tidak bersedia mengatakan apakah pasangan calon itu dari kader atau eksternal. “Opsinya memang dari internal dan eksternal. Soal nama-namanya ya seperti yang sudah mendaftar dan kader yang dipanggil DPP untuk ikut uji fit and propertest,” kata dia.  

Tjahjo membenarkan dirinya akan terbang ke Semarang setelah rapat DPP PDI Perjuangan. Dia memperkirakan pendaftaran calon dilakukan sekitar pukul 17.00 WIB. Saat disinggung mengenai kemungkinan masih ada waktu bagi bakal calon yang tersingkir dari PDI Perjuangan untuk mendaftar melalui partai lain, dia mengatakan “Satu jam saja cukup kalau sejak awal niatnya ingin jadi calon,” Tjahjo juga memastikan PDI Perjuangan tidak akan berkoalisi dengan partai lain di Pilgub Jawa Tengah.    

Kejutan
Beberapa sumber menyebutkan Wakil Sekjen Fraksi PDI Perjuangan di DPR, Ganjar Pranowo memiliki peluang paling besar untuk menjadi calon gubernur.  Dia menyingkirkan kader senior yang saat ini menjadi  Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih. Salah satu sumber itu menyebutkan Rustriningsih dinilai terlalu ambisius membuat DPP tidak terlalu respek.  

“Semula ada opsi untuk memasangkan Ganjar sebagai cagub dan Rustriningsih sebagai cawagub. Tetapi Rustri menolak. Cawagub kemungkinan besar diambilkan dari kader partai  yang saat ini menjadi kepala daerah,” kata sumber tersebut.  

Ikmal Jaya, yang saat ini menjadi Walikota Tegal disebut-sebut sebagai pedamping Ganjar.  Jika benar keputusan DPP PDI Perjuangan memasangkan Ganjar dengan Ikmal, maka akan menjadi keputusan yang cukup mengejutkan karena Ikmal sebelumnya tidak pernah masuk dalam bursa Cawagub. “Semua kepala daerah dari PDIP di Jawa Tengah dipanggil DPP berkaitan dengan Pilgub Jateng,” kata Tjahjo saat ditanya kemungkinan kader di luar yang dalam daftar bakal calon yang bakal dipilih.  

Sumber lain menyebutkan sebenarnya Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo yang diminta Ketua Umum DPP PDIP Perjuangan, Megawati Soekarnoputri untuk menjadi pendamping Ganjar. Namun, yang bersangkutan menolak tawaran tersebut. Rudyatmo yang dikonfirmasi tidak menampik. “Tidak, saya tetap di Solo melayani warga Solo,” katanya beralasan. (IMR)    




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!