SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Kamis, 23 Oktober 2014
BS logo

Gempa Berkekuatan 5,4 SR Guncang Bengkulu
Rabu, 25 Mei 2011 | 8:30

Bengkulu Bengkulu

[BENGKULU] Gempa tektonik berkekuatan 5,4 skala richter (SR) sekitar pukul 06.29 Wib menguncang Bengkulu dan sekitarnya pada Rabu (25/5). Untunglah gempa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa dan kerusakan bangunan masyarakat, kecuali membuat warga kaget dan berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri.
 
Kepala Kantor Badan Meteorologi Klimatologi dan Giofisika (BMKG) Fatmawati Bengkulu, Fahmiza yang dihubungi SP, di Bengkulu, Rabu (25/5) pagi menjelaskan, lokasi gempa berada pada 4,53 lintang selatan (LS) dan 101,99 bujur timur (BT) atau sekitar 87 km Barat Daya Bengkulu.

Sedangkan pusat gempa berada di laut dengan kedalaman 10 km. Sebelumnya, Selasa (24/5) sekitar pukul 15.11 gempa tektonik juga melanda daerah ini dengan kekuatan 5,2 SR. Gempa tersebut berlokasi 5,06 LS dan 102,55 BT atau sekitar 96 km  Barat Daya Bintuhan, Kabupaten Kaur dengan kedalaman 34 km.

Pantauan SP di lapangan, Rabu pagi, meski gempa tidak terlalu kencang, tapi sempat membuat masyarakat yang siap-siap akan berangkat ke kantor dan beraktivitas ke tempat lain sempat kaget dan berhamburan keluar rumah menyelamatkan diri.

"Gempa tadi meski skalanya rendah 5,4 SR, tapi guncangan sedikit agak kencang sehingga saya lari ke luar rumah menyelamatkan diri. Saya sudah trauma dengan gempa besar, sehingga begitu terasa ada gempa saya langsung ke luar rumah," ujar Syamsir (37), warga Kota Bengkulu.

Hal senada diungkapkan, Effedi (52). Ia mengatakan, dirinya sedang bersiap-siap akan berangkat ke kantor tiba-tiba ada gempa, sehingga langsung melompat ke luar rumah menyelamatkan diri. [143]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!