SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Sabtu, 25 Oktober 2014
BS logo

Golkar Prioritaskan Caleg Berkualitas Pemilu 2014
Jumat, 15 Februari 2013 | 9:40

Spanduk Partai Golkar. [google] Spanduk Partai Golkar. [google]

[MANADO] Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (Depinas SOKSI) yang juga Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Ade Komarudin menyatakan, proses rekrutmen calon anggota legislatif (caleg) partainya akan dilakukan secara selektif, sesuai mekanisme dan prosedur yang berlaku.

Menurutnya, Partai Golkar sudah memiliki kriteria dan mekanisme dalam seleksi caleg, sehingga kualitas anggota parlemen 2014 benar-benar berkualitas dan mampu menjalankan tugas dan fungsi kedewanan. “Karena itu, diharapkan wajah DPR mendatang semakin berkualitas di mata rakyat,” ujarnya pada pelantikan Satgas Pemenangan Aburizal Bakrie (ARB) sebagai calon presiden (Capres) Golkar 2014 di Hotel Sahid Kawanua, Manado, Sulawesi Utara, Kamis (14/2)

Pelantikan Satgas ARB diawali Muswawarah Daerah Dewan Pimpinan Daerah (Depidar) XVII SOKSI Sulut yang secara aklamasi memilih Victor Mailangkay sebagai Ketua Depidar dan Ketua Harian Aditya Anugerah Moha yang juga Sekretaris Partai Golkar Sulut. Hadir acara pelantikan Satgas ARB, Ketua DPD Golkar Sulut Stefanus Vreeke Runtu, sesepuh SOKSI Prof Dr Lucky Sondakh, EP Rumayar, Piet Liew, Ketua DPRD Edison Masengi, Philep Regar, sedangkan jajaran Depinas Sekretaris Dewan Pembina Bobby Suhardiman, Saud Tobing, Plt Sekjen Hakim Kamaludin, Rusmin Effendy, dan Budiyanto.  

Kader Bersih

Menurut Ade Komarudin, selain elektabilitas, caleg Partai Golkar haruslah kader yang bersih dan memiliki track record yang jelas serta memenuhi syarat PDLT (pengabdian, dedikasi, loyalitas dan tidak tercela). Pengalaman pemilu lalu, banyak orang yang populer dan memiliki elektabilitas tinggi, tapi tidak memahami tugas dan fungsi kedewanan. “Akibatnya, citra DPR menjadi sorotan publik, khususnya fungsi legislasi yang tidak maksimal,” ujarnya.

Ade Komarudin menjelaskan, Partai Golkar sekarang ini sedang memproses pencalegan baik di tingkat pusat maupun daerah. Karena itu, dia merekomendasikan keputusan strategis antara lain pendirian posko dari desa hingga kelurahan yang melibatkan calon anggota legislatif, baik caleg DPR pusat, DPRD I dan II. Pembentukan posko ini, lanjutnya, sebagai sentra kegiatan kerakyatan sekaligus berfungsi sebagai posko sosialisasi caleg maupun capres Partai Golkar serta melakukan program yang bermanfaat bagi masyarakat seperti bakti sosial, pengobatan secara gratis yang dilakukan secara simultan.

"Saya minta semua kader Golkar yang ingin maju sebagai calon anggota legislatif harus melakukan kontrak politik, meningkatkan kinerja dan elektabilitas partai, sehingga target 30 persen bisa tercapai pada Pemilu 2014," tegas dia.

Pada kesempatan itu, Ade Komarudin juga melantik Satgas Pemenangan ARB untuk Provinsi Sulawesi Utara. "Seluruh kader SOKSI harus menunjukkan jatidirinya dengan mengedepankan politik bermartabat, memiliki nurani dan karakter, moralitas yang terpuji serta rela berkorban. SOKSI harus menjadi garda terdepan dari suara rakyat, termasuk pemenangan pencapresan ARB," ujarnya. [136]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!