SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Kamis, 23 Februari 2017
BS logo

Gubernur Sulut Sambut Baik Komitmen Presiden Bangun Sulut
Kamis, 16 Februari 2017 | 13:54

Olly Dondokambey (google) Olly Dondokambey (google)

[JAKARTA] Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey menyambut baik komitmen Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pelaksanaan program prioritas nasional di Sulut. Dalam rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (14/2), Presiden memang menginstruksikan jajarannya mempercepat pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, Sulut.

“Kami menyambut baik komitmen Presiden dalam mengimplementasikan sembilan program prioritas, Nawa Cita, membangun dari pinggiran. Khususnya di Sulawesi Utara, daerah kepulauan di Indonesia Timur,” kata Olly dalam keterangannya, Kamis (16/2).

Olly bersama Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw bakal bekerja keras melaksanakan instruksi Presiden dengan terus berkoordinasi ke pemerintah pusat. Tujuannya yakni untuk memastikan pengembangan International Hub Port (IHP) dan pembangunan KEK Bitung berjalan lancar.

“Kami akan bersama-sama warga memajukan Sulut, koordinasi dengan pemerintah pusat ini penting agar kendala yang ditemui bisa diurai dan dicarikan solusinya sehingga pengembangan pelabuhan hub dan pembangunan KEK Bitung berjalan lancar,” ujarnya.

Pelabuhan Bitung sebagai sarana utama KEK itu diharapkan Presiden segera rampung, sehingga ke depan dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat sekaligus mendongkrak sektor pariwisata. Pelabuhan hub sangat penting sebagai pintu masuk ke wilayah utara Indonesia, di samping fungsi utama melayani kegiatan dan alih muatan angkutan laut nasional dan internasional.

“Saya minta pembangunan pelabuhan Bitung, yang saat ini dikembangkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus bisa dipercepat sehingga Bitung bisa segera menjadi pelabuhan hub (International Hub Port),” kata Jokowi saat Ratas, Selasa (14/2).

Selain pelabuhan, Presiden meminta jajarannya melakukan percepatan pembangunan infrastruktur transportasi di wilayah Sulut. Berikut pengembangan potensi wisata bahari sebagai alternatif wisatawan manca saat melancong ke Sulut. “Saya juga minta potensi wisata bahari di Sulawesi Utara dikembangkan lagi dan didukung oleh pemerintah pusat,” tuturnya.

Presiden Jokowi mengajak semua pihak bersama-sama memikirkan penyelesaian segala sesuatu yang dianggap menghambat terwujudnya program prioritas nasional. Khususnya program poros maritim dunia dalam mewujudkan pemerataan pembangunan dan kesejateraan masyarakat.

Kepala Negara optimis pengembangan KEK Bitung ke depan akan memberikan kontribusi nyata terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat, mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran serta memperkecil ketimpangan yang terjadi di Sulut.

“Saya juga minta berbagai hambatan atau sumbatan-sumbatan dalam pelaksanaan program prioritas bisa segera diurai, diselesaikan dan dicarikan solusi,” demikian Jokowi. [C-6]




Kirim Komentar Anda


Pasang iklan disini via B1 Ads