SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Sabtu, 1 November 2014
BS logo

Jam Operasional Transjakarta Ditambah Sejam
Jumat, 18 Maret 2011 | 11:06

Para penumpang bus Transjakarta. [Google] Para penumpang bus Transjakarta. [Google]

[JAKARTA] Jam operasional bus Transjakarta diperpanjang satu jam dari semula pukul 05.00 sampai 22.00 WIB menjadi pukul 23.00 WIB. Hanya saja penambahan jam operasional bus kebanggaan warga Jakarta khusus diberlakukan di koridor IX (Pinang Ranti-Pluit).

Penambahan jam operasional di koridor IX karena penumpang hingga malam hari masih cukup banyak. Kebijakan itu diharapkan mampu memberikan pelayanan maksimal terhadap penumpang setia Transjakarta.

“Pelayanan loket akan berakhir pada pukul 23.00 WIB di halte akhir. Namun, secara operasional akan mengantarkan penumpang hingga pukul 24.00,” tutur Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta, Muhammad Akbar di Jakarta, baru-baru ini.

Akbar mengatakan, uji coba ini penambahan jam operasional mulai dilakukan Jumat (18/3) malam dengan menyediakan 2 unit bus. Bus akan diberangkatkan dari halte Pluit dan halte Cililitan (PGC) masing-masing 6 unit. Ia menambahkan tidak semua halte yang ada di koridor IX akan melayani malam hari. Dari 25 halte yang ada hanya 14 halte yang dilayani.

Sejumlah 14 halte itu adalah PGC 2, Cawang UKI, Cawang Ciliwung, Pancoran Tugu, Kuningan Barat, Jamsostek Gatot Subroto, Semanggi. Selanjutnya Slipi Petamburan, Slipi Kemanggisan, RS Harapan Kita, Tomang Central Park, Grogol 2, Penjaringan, dan Pluit.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, menambahkan, head way (jarak antarbus) direncanakan dalam waktu 10-15 menit. Sementara uji coba amari akan dilakukan dalam waktu satu bulan ke depan. “Selanjutnya akan dilakukan evaluasi terhadap operasional amari tersebut. Pengelola akan mengevaluasi apakah nantinya akan ditambah koridor atau waktunya,” jelasnya.

Sementara itu, untuk pengoperasian busway malam itu BLU Transjakarta akan menambah 89 petugas baru. Karena nantinya akan ada tiga waktu kerja (shift), dari semula hanya dua shift. Sebelumnya Pristono mengatakan, penambahan jam operasional hingga pukul 24.00 WIB sangat dimungkinkan karena masih banyaknya penumpang di atas pukul 10.00 WIB. 

“Penambahan jam operasional busway mungkin tidak di seluruh koridor. Bergantung pada koridor mana yang penumpangnya banyak di atas pukul 22.00 WIB karena jangan sampai penambahan operasional itu mubazir,” katanya. 

Biaya petugas baik yang menjaga jalur dan di dalam bus Transjakarta menjadi pertimbangan penting bila ada penambahan waktu operasional. Busway yang dioperasikan juga kemungkinan tidak akan berhenti di semua halte.

 “Mungkin bus Transjakarta akan berhenti di ujung-ujung koridor saja. Sementara rute busway yang kemungkinan akan ditambah jam operasionalnya adalah koridor utara selatan (Blok M-Kota) dan koridor IX (Barat-Timur),” jelasnya.[H-14]  




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!