SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Minggu, 26 Oktober 2014
BS logo

Kapolda Banten Dicopot, Agus Kusnadi Diganti Putut Eko Bayuseno
Sabtu, 12 Februari 2011 | 7:05

Brigjen Pol Agus Kusnadi (tengah) dicopot dari jabatannya sebagai Kapolda Banten. Brigjen Pol Agus Kusnadi (tengah) dicopot dari jabatannya sebagai Kapolda Banten.

[SERANG] Kapolda Banten Brigadir Jenderal (Brigjen) Pol Agus Kusnadi dicopot dari jabatannya dan dimutasikan ke bagian staf ahli Kapolri yang menangani analisis kebijakan utama bidang keamanan. Pencopotan ini diduga terkait kasus penyerangan Jemaah Ahmadiyah oleh 1.500 massa di Kampung Pandeuy, Desa Umbulan,  Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang, Minggu (6/2) lalu yang menyebabkan tiga orang tewas, empat orang mengalami luka berat dan dua orang lainnya mengalami luka ringan.

Hal ini dikaui juga oleh Agus Kusnadi ketika melakukan konferensi pers di Mapolres Pandeglang, Kamis (10/2) malam bahwa jumlah personil kepolisian yang dikerahkan hanya 115 orang tidak sebanding dengan jumlah massa sebanyak 1.500 orang. Selain itu, Agus Kusnadi juga mengakui pihak intelijen kepolisian kecolongan karena tidak mengetahui sama sekali aksi pengerahan massa secara besar-besaran tersebut.

Selain Agus Kusnadi yang dicopot dari jabatannya, terdapat dua pejabat Polda Banten juga dimutasikan yakni Dirintelkam Polda Banten Kombes Adityamarwan dan Kapolres Pandeglang AKBP Alex Fauzi Rasyad. 

Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat Polda Banten AKBP Gunawan, Jumat (11/2) menyatakan surat telegram rahasia  (STR) yang ditandatangani SDM  Polri Irjen Prasetyo atas nama Kapolri Jenderal Timur Pradopo telah diterima oleh Polda Banten tertanggal 11 Februari 2011.

Dia menjelaskan dalam surat tersebut disebutkan bahwa pengganti Agus Kusnadi sebagai Kapolda Banten adalah Wakil Kapolda Metro Jaya Brigadir Jenderal  Polisi Putut Eko Bayuseno. Sementara Direktur Intelkam Polda Banten Kombes Adityawarman diganti  oleh  AKBP Sudyanto yang sebelumnya menjadi Wadir Intelkam Polda Jambi. Adityawarman menjadi analis pendidik siswa di Mabes Polri.

Sedangkan  Kapolres Pandeglang AKBP Alex Fauzi  Rasyad juga dimutasi dan dipindahtugaskan ke bagian operasional Polri. Selanjutnya jabatan  Kapolres Pandeglang diisi oleh  AKBP Adi Suseno yang sebelumnya menjabat Kabag Analis Ditnarkoba Polda Banten.

Gunawan mengakui sama sekali tidak tahu alasan pemutasian tersebut. Namun, ia mengakui bahhwa surat dari Mabes Polri itu sudah diterimanya. “Ya, kami sudah menerima surat tersebut. Namun, kalau ditanya hal itu terkait kasus Cikeusik atau tidak, kami tidak tahu,” ujarnya.

Serah terima jabatan kapolda Banten itu kemungkinan akan dilakukan, Senin (14/2) bersamaan dengan serah terima jabatan dua pejabat Polda Banten lainnya. [149]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!