SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Jumat, 31 Oktober 2014
BS logo

Karel Ralahallu Dorong Pembangunan Trans Maluku
Jumat, 26 Agustus 2011 | 8:02

Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu. [Dok.SP] Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu. [Dok.SP]

[AMBON] Gubernur Maluku Karel Ralahallu mengatakan, pihaknya akan terus mendorong pembangunan trans Maluku yang diarahkan untuk menghubungkan wilayah-wilayah terpencil.

“Trans Maluku juga untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat secara merata antar gugus pulau, dan membangun kesatuan pelayanan transportasi antar pulau di Maluku,” kata Karel di Ambon Jumat (26/8).

Karel mengungkapkan, Trans Maluku menjadi program yang menghubungkan wilayah-wilayah di Maluku. “Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku di tahun 2012 mendatang akan memprioritaskan pembangunan infrastruktur di Maluku,” ungkap politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) itu.

Pembangunan Trans Maluku dikatakan Karel, akan melewati ruas jalan sepanjang 1.015,70 km, dan 40 dermaga yang akan dilayani oleh 24 kapal penyebarangan.

Hingga akhir tahun 2010 Karel mengungkapkan, ruas jalan Trans Maluku yang sudah di Hotmix sepanjang 470,18 Km, dan Lapen sepanjang 228,27 Km. tahun 2011 ini sedang dibangun 62,83 Km Hotmiks dan 10,00 Km Lapen. Telah tersedia 17 dermaga yang dibangun pada jalur Trans Maluku dan telah dimanfaatkan oleh 18 buah kapal penyebarangan.

“Kita juga akan mendorong untuk mengembangkan sarana dan prasarana transportasi di Maluku seperti pelebaran jalan, terutama di Pulau Ambon, dan pengembangan pembangunan Tambatan Perahu,” ungkap Karel. 
 
Gubernur Karel Ralahallu mengatakan, selain infrastruktur jalan, jembatan, dan dermaga, pemerintah juga berkeinginan untuk mendorong pembangunan dan pengembangan lapangan terbang di Maluku.

“Saat ini Maluku telah memiliki 4 Bandar Udara yakni Ambon, Tual, Saumlaki, dan Dobo. Tujuh buah Lapangan Terbang (Lapter), yakni Lapter Perintis Banda, Wahai, Bula, Kisar, Namrole Namlea, dan Larat serta 2 Lapter Swasta yaitu Bula dan Benjina,” kata Karel.
 
Dia mengungkapkan, Pemprov Maluku sedang membangun lapangan terbang di Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) Seram Bagian Timur (SBT), Maluku Barat Daya (MBD). [156]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!