SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Kamis, 23 Oktober 2014
BS logo

Kemenkumham Dukung Perkuat KPK
Senin, 31 Oktober 2011 | 18:34

Menkumham, Amir Syamsuddin [google] Menkumham, Amir Syamsuddin [google]

[JAKARTA] Menteri Hukum dan Hak asasi manusia (Menkunham), Amir Syamsuddin mengatakan bahwa kementerian yang kini dipimpinnya tidak akan setuju terhadap pelemahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sebaliknya, Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) akan menguatkan KPK.

"Kami jelas berada dalam posisi tidak akan pernah menyetujui pelamahan terhadap KPK. Bahkan, kami tetap berpikir memperkuat KPK," kata Amir Syamsuddin di kantor KPK, Jakarta, Senin (31/10).

Menurut politikus Partai Demokrat ini, keweangan-kewenangan khusus yang dimiliki oleh KPK, seperti penyadapan dan tidak adanya penghentian penyelidikan (SP3) harus tetap dipertahankan.

Hal senada juga disampaikan Wakil Menteri Hukum dan Ham (Wamenkumham), Denny Indrayana. Menurut mantan staf khusus presiden ini, posisi Kemenkumham adalah menguatkan KPK. Sehingga, menolak jika rancangan revisi UU No.30/2002 tentang KPK akan melemahkan atau mengarah kepada pembubaran lembaga independen tersebut.

"Kemenkumham akan mendukung jika rancangan revisi UU tersebut menguatkan KPK," kata Denny saat mendampingi Amir Syamsuddin di kantor KPK, Jakarta, Senin (31/10).

Sebelumnya beredar wacana yang cenderung mengarah pada pelemahan KPK. Seperti, penghilangan kewenangan penyadapan dan juga berlakunya mekanisme SP3 di KPK. [N-8]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!