SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Sabtu, 25 Oktober 2014
BS logo

Lima Pasangan di Pilkada Gubernur Sumut
Kamis, 15 November 2012 | 20:50

Ilustrasi pilkada. [Google] Ilustrasi pilkada. [Google]

[MEDAN] Lima pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dipastikan bertarung dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) gubernur dan wakil gunernur di bulan Maret 2013 mendatang. Dua di antara pasangan calon sudah resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara (KPU Sumut) Jl Perintis Kemerdekaan Medan, Kamis (15/11).

Kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang sudah mendaftar itu adalah Gatot Pujo Nugroho - Tengku Erry Nuradi dan Chairuman Harahap - Fadli Nurzal. Gatot Pujo Nugroho - Tengku Erry Nuradi mendeklarasikan pasangan nama itu  dengan singkatan Ganteng. Mereka diusung oleh Partai  Keadilan Sejahtera (PKS) 11 kursi, Hati Nurani Rakyat (Hanura) 5 kursi.

Selain itu, pasangan Ganteng ini juga diusung Partai Bintang Reformasi (PBR) 1 kursi, serta parpol tak punya kursi Partai Patriot dan PKNU. Gatot memilih Tengku Erry Nuradi sebagai wakilnya karena sampai saat ini dan selama menjabat sebagai Bupati Serdang Bedagai (Sergai) selama dua periode, tidak pernah bermasalah dan dianggap berhasil membangun daerah itu.

Begitu juga dengan Erry Nuradin yang mengaku tidak mempersoalkan dirinya jika mendampingi Gatot (saat ini pelaksana tugas Gubernur Sumut) dalam pilkada tersebut. Bahkan, Erry Nuradi menegaskan, sistem pemerintahan di Sergai tidak akan bermasalah jika wakil bupati di daerah yang dipimpinnya itu, Soekirman akan berpasangan dengan Gus Irawan dalam pesta demokrasi tersebut.

Pasangan Chairuman Harahap - Fadli Nurzal diusung oleh Partai Golkar yang memiliki 13 kursi, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 7 kursi serta parpol tak punya kursi terdiri dari Partai Buruh, Republikan dan Partai Pemuda Indonesia (PPI). Awalnya pasangan ini membawa juga dukungan Partai Pengusaha Pekerja Indonesia (PPPI).

Alasan Chairuman maju sebagai calon gubernur karena kondisi infrastruktur, listrik yang terus bermasalah buat masyarakat dan sistem pelayanan kesehatan yang buruk di daerah ini. Menurutnya, masyarakat sudah bosan dengan kondisi sekarang ini. Oleh karena itu, Chairuman - Fadli Nurzal ingin memperbaiki kondisi ini demi membangkitkan kesejahteraan masyarakat.

Tiga pasangan lain yang bakal mendaftar di hari terakhir pendaftaran, Jumat (16/11), ini adalah Effendi M  Simbolon berpasangan dengan Jumiran Abdi. Pasangan ini direstui oleh Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Megawati Soekarnoputri. Partai lain juga turut mendukung pasangan tersebut. Selain itu, pasangan Gus Irawan berpasangan dengan Soekirman.

Sementara itu, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat sebagai pemenang pemilihan umum (Pemilu) tahun 2009 lalu, dipastikan mendukungan pasangan Amri Tambunan dengan RE Nainggolan. Amri Tambunan adalah Bupati Deli Serdang dan RE Nainggolan mantan Bupati Tapanuli Utara (Taput) dan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumut. 

Ketua KPU Sumut, Irham Buana Nasution mengatakan, pihaknya akan selektif dari meneliti berkas dari pasangan calon tersebut. Bahkan, penyelenggara ini akan menunggu pasangan calon sampai akhir proses penutupan pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur, Jumat malam ini. Ini sesuai dengan pembukaan pendaftaran selama sepekan, terhitung sejak Sabtu akhir pekan lalu.

Irham pun belum menyampaikan  jumlah pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang mendaftar tersebut. "Kami akan menunggu pasangan lain yang mendaftar ke KPU Sumut. Setelah pendaftaran ditutup, maka tidak ada lagi pasangan lain yang dibenarkan untuk diterima saat mendaftar. Sebab, kami sudah memberikan tenggang waktu untuk mendaftar," sebutnya.




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!