SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Kamis, 23 Oktober 2014
BS logo

MA Diminta Merestrukturisasi Organisasi
Kamis, 28 Februari 2013 | 15:19

Gedung Mahkamah Agung RI. [google] Gedung Mahkamah Agung RI. [google]

[JAKARTA] Struktur organisasi  Mahkahamah Agung (MA) masih belum ideal. Hal itu membuat penerapan sistem kamar tidak dapat berjalan maksimal, karena banyaknya jabatan pada lembaga peradilan tertinggi itu yang membuat struktur organisasi MA  gemuk.

Maka, MA perlu melakukan resktrukturisasi. Hal itu dikatakan oleh peneliti dari Lembaga Kajian dan Advokasi untuk Independensi Peradilan (LeIP) Arsil, dalam diskusi bertajuk "Implementasi Sistem Kamar pada Mahkamah Agung" di Jakarta, Kamis (28/2).

"Sistem kamar terdiri dari lima kamar yakni, pidana, perdata, agama, tata usaha negara, dan militer. Jika demikian struktur pimpinan MA yang ada saat ini tidak tepat karena memiliki sembilan Ketua Muda, terdiri dari tujuh Ketua Muda, dan dua Ketua Muda non Perkara," katanya.

Menurutnya, MA dapat memanfatkan momentum habisnya masa jabatan beberapa pimpinan MA untuk melakukan restrukturisasi.

Pada tahun 2012 dan awal 2013, terdapat tiga jabatan penting yang kosong seperti karena pensiunnya beberapa hakim agung seperti, Ketua Muda Pidana Khusus Djoko Sarwoko, Wakil Ketua MA bidang Yudisial Abdul Kadir Mappong, dan Ketua Muda Perdata Khusus yang sebelumnya dijabat M Saleh sebelum menggantikan Abdul Kadir Mappong sebagai Wakil Ketua MA bidang Yudisial.

Dikatakan, upaya MA yang sedang mengkaji perubahan organisasi dengan pertimbangan menghapus jabatan Ketua Muda Pidana Khusus perlu didukung oleh berbagai pihak termasuk DPR yang tengah membahas RUU MA.

"Sayangnya, RUU MA mengatur bahwa kamari di MA akan ditambah dengan kamar pajak dan kamar tata negara. Ini artinya, kamar di MA menjadi tujuh. Pengaturan ini tidak tepat apalagi di tengah upaya MA merombak organisasinya agar lebih efisien," ujarnya. [E-11]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!