SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Sabtu, 1 November 2014
BS logo

Masyarakat Jakarta Donor Darah Serentak di 12 Mall
Rabu, 9 November 2011 | 17:43

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo (Foto: Google) Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo (Foto: Google)

[JAKARTA] Sisi kemanusiaan masyarakat DKI Jakarta ternyata masih ada. Mereka tidak hanya individualistis. Ini terlihat dari animo yang tinggi dari masyarakat untuk mendonorkan darahnya demi kemanusiaan, yang dilakukan secara serentak di 12 mal besar di Jakarta, Rabu (9/11).

Donor darah yang digelar dalam rangka menyambut  hari jadi PT Agung Podomoro Land   (APL) yang pertama ini  juga dilakukan di proyek APL lainnya di Jakarta, di antaranya Senayan City, Central Park,  Green Bay Pluit, Blok M Square, Season City, Thamrin City, Kalibata City, Royal Mediterania Garden dan Lindeteves TC.

Melalui kegiatan yang diselenggarakan pertama kali oleh Emporium Pluit Mall bersama Yayasan APL ini,  diharapkan dapat meningkatkan rasa kepedulian sosial antar sesama dan sebagai bentuk tanggungjawab bersama akan pentingnya menyumbang darah. Sebab setetes darah yang disumbangkan sangat berharga bagi mereka yang membutuhkan.

Selain membantu sesama, mendonorkan darah secara rutin juga dapat meningkatkan kualitas kesehatan darah dalam tubuh karena darah senantiasa baru dan muda.

“Kami mengharapkan kegiatan donor darah ini dapat membantu Palang Merah Indonesia (PMI) untuk memenuhi kebutuhan darah, dengan menargetkan maksimal 4000 kantong darah,” kata Maria Trihatma, Ketua Yayasan APL.

Adapun partisipan donor darah ini berasal dari para pengunjung mal, karyawan Emporium Pluit Mall serta tenant-tenant yang berada di tempat tersebut, di samping juga mitra kerja dan masyarakat umum. Emporium yang diberikan jatah mengumpulkan 1500 kantong darah, ternyata melampaui angka tersebut dengan berhasil mendapatkan 300 kantong.

Darah yang sudah terkumpul tersebut segera diserahkan kepada PMI, kemudian dipisahkan berdasarkan golongan darah dan simpan unuk kebutuhan masyarakat.

Ketua PMI Jakarta Utara Sabri Saiman mengatakan, animo masyarakat DKI Jakarta  untuk menyumbangkan darah secara sukarela meningkat terus tiap tahun.  Di Jakarta Utara saja, dari dua kali kegiatan rutin donor darah setiap minggu, yakni Senin dan Selasa, bisa terkumpul 100 kantong darah. Akan tetapi diakuinya, jumlah ini belum memberikan kontribusi signifikan terhadap pemenuhan kebutuhan darah di DKI Jakarta yang mencapai  190.000-200.000 per tahunnya untuk penduduk sekitar 10 jutaan.

“Melihat bersarnya kebutuhan darah di DKI Jakarta, kami rencanakan akan melakukan kegiatan seperti ini secara  rutin tiap tiga bulan sekali. Sebab kita butuh stok untuk bencana atau pertolongan yang spontan seperti penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), ” ucapnya.

Selain serentak, kegiatan yang mengambil tema Give Blood Save Lives  juga dilaksanakan konferensi video jarak jauh dari Senayan City oleh Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, didampingi Rini Sutiyoso, Ketua PMI DKI Jakarta, Ketua Yayasan  APL dengan walikota di empat wilayah proyek APL yang mewakili tempat penyelenggaraan donor darah tersebut. Pada kesempatan yang sama juga dilakukan teleconference antara Walikota Jakarta Utara,  Walikota Jakarta Barat, Walikota Jakarta Selatan  dan Walikota Bandung dari mall yang berbeda.[D-13]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!