SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Sabtu, 29 November 2014
BS logo

Menakertrans Serahkan Penghargaan Transmigran Teladan Nasional Tahun 2013
Senin, 19 Agustus 2013 | 9:36

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar

[JAKARTA] Menteri  Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muahimin Iskandar, memberikan penghargaan transmigran teladan dan petugas pembina permukiman transmigrasi teladan tingkat Nasional tahun 2013 di Jakarta, Minggu (18/8).  

Juara pertama Transmigran Teladan tahun 2013 diraih oleh Wahyuddin,  transmigran yang bermukim di lokasi transmigran Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) Mahalona SP.2 Desa Kalusi, Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan.

Setelah mengikuti program transmigrasi, ini memiliki penghasilan total sebesar Rp  493.906.850 pertahun atau Rp 41,1 juta per bulan.  

Juara ke-2 Asep Suganda  yang bermukim  di UPT Tobulamo, Kecamatan Kao Barat, Kab Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara dengan penghasilan Rp 409.500.000 per tahun.

Sedangkan juara ketiga diraih TOBI’I, transmigran asal Gedong Karya, Desa Jebus, Kecamatan  Kumpeh, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi yang berpenghasilan  Rp 321.030.000 per tahun.

Sedangkan juara Harapan I, Hermanto, Juara Harapan II, Paskah Muday Lulusno dan Juara Harapan III Tursiyem Binti Madsujangi. Sementara itu juara 1 petugas pembina permukiman transmigrasi  diterimaSucipto Bin Suratman, Juara II       La Isnain, Juara III Heryusran, Juara Harapan I      Ismail M Juara Harapan II          Suwito, Juara Harapan III     Usman Halit Solissa, SH.

”Penghargaan ini merupakan upaya pemerintah dalam memberikan motivasi, perhatian dan penghargaan kepada para transmigran dan petugas Pembina UPT. Kegiatan ini dilakukan dalam kaitannya dengan rangkaian peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan  Republik Indonesia”, kata Muhaimin.  

Pemilihan transmigran dan UPT teladan tingkat Nasional pada tahun 2013 ini diikuti 24 orang transmigran teladan dan 23 orang  pembina UPT Teladan  yang berasal dari seluruh Indonesia. Dalam ajang pemilihan ini diadakan melalui proses seleksi dan penilaian yang ketat.  

Adapun kriteria pemilihannya bagi transmigran teladan diantaranya meliputi,  tingkat ekonomi (pendapatan, produktivitas  dan penyerapan tenaga kerja), kesehatan, pendidikan, partisipasi dan mental spritual serta peranan istri dalam kesejahteraan masyarakat.

Sedangkan kriteria Pembina UPT  meliputi aspek moral, kompetensi, prestasi kerja serta pencapaian keberhasilan tugas pembinaan di lokasi transmigran.  

Dalam kesempatan ini, Muhaimin mengatakan dalam bidang transmigrasi saat ini tengah dilakukan terobosan dengan melakukan revitalisasi dan refocussing pengembangan kawasan transmigrasi yang sudah ada serta yang kawasan transmigran yang baru.

Konsep pendekatan ini mengarah menuju terbentuknya pusat-pusat pertumbuhan yang memiliki fungsi perkotaan yang dikenal dengan istlah ”Kota Terpadu Mandiri (KTM)” yang jumlahnya mencapai 48 KTM.  

Menurut Muhaimin,  keberhasilan program pembangunan transmigrasi di Indonesia tergantung pada tiga pokok utama yaitu pertama,ketersediaan lahan yang memenuhi syarat clean dan clear serta 4L yaitu layak huni, layak usaha, layak berkembang dan layak lingkungan.

Kedua, tersedianya sarana dan  prasana pemukiman seperti fasilitas jalan, jembatan, pendidikan, kesehatan, fasilitas umum, sosial.

Ketiga, tersedianya Sumber Daya Manusia yang bisa memanfaatkan kekayaan Sumber Daya Alam yang melimpah di Indonesia.

Sumber Daya Manusia  yang menjadi andalan terdiri  dari transmigran terampil, ulet, gigih dan berjiwa pionir untuk meningkatkan  kesejahteraannya dan mendukung pembangunan daerah.  

Selain itu, dibutuhkan juga petugas pembina UPT yang berperan sebagai fasilitator, motivator, mediator sekaligus pendamping masyarakat dan bersedian mendedikasikan tenaga dan pikiran untuk membantu transmigran dan mayarakat sekitar dalam mewujudkan cita-citanya. [E-8]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!