SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Minggu, 21 Desember 2014
BS logo

Miss Coffee Indonesia Tingkatkan Citra Kopi Tanah Air
Selasa, 31 Januari 2012 | 10:10

Konferensi Pers Miss Coffee Indonesia 2012 [SP/Hendro Situmorang] 
Konferensi Pers Miss Coffee Indonesia 2012 [SP/Hendro Situmorang]

[JAKARTA] Indonesia adalah negeri penghasil kopi terbesar di dunia. Guna memupuk kecintaan terhadap produksi, memajukan, mempromosikan, meningkatkan citra dan ekspor kopi Indonesia di kancah dunia, Asosiasi Duta Indonesia (ADI) menggelar kontes Miss Coffee Indonesia 2012. Kompetisi yang dihelat ini juga bertujuan menguatkan pencanangan agrowisata di Indonesia.

Ajang Miss Coffee yang baru pertama kali diadakan ini, digagas oleh Indonesia sebagai urutan ketiga produsen kopi terbesar di dunia setelah Brasil dan Vietnam. Apalagi, kopi di Indonesia menjadi bagian dari gaya hidup dengan menjamurnya kedai-kedai yang menyediakan racikan kopi terbaiknya. Rencananya  juga diadakan pemilihan Miss Coffee International 2012 di Bali.

"Misi kegiatan ini antara lain melalui Miss Coffee, warung atau kedai kopi yang banyak terdapat di negeri ini, bisa menyediakan kopi asli Indonesia. Selain itu lebih banyak lagi masyarakat penikmat kopi yang mengonsumsi kopi asli Indonesia," kata Ketua Penyelenggara Miss Coffee Indonesia Kuntari Sapta Nirwindar, di Jakarta, baru-baru ini.

Nantinya, pemenang Miss Coffee Indonesia tersebut bertugas memperkenalkan ragam budaya kopi Indonesia ke seluruh dunia. Selain itu, kompetisi ini juga bertujuan menguatkan pencanangan agrowisata di Indonesia, dengan cara memperkenalkan kota-kota penghasil kopi di Indonesia.

"Nantinya bisa dilakukan agrowisata, dengan berkunjung ke kebun-kebun kopi dan melihat proses pembuatan kopi di seluruh Indonesia," jelasnya.

Kontes Miss Coffee Indonesia akan diikuti oleh wakil dari provinsi dan kota-kota penghasil dan yang tingkat konsumsinya tergolong besar di Indonesia. Pemilihan diawali seleksi di 30 provinsi dan kota, mulai Februari hingga Mei 2012. Nantinya, tiap provinsi atau kota akan diwakili satu pemenang yang sekaligus menjadi duta daerah.

"Seleksinya diadakan Februari-Mei 2012. Setiap provinsi akan diwakili satu pemenang dari wilayahnya, yang sekaligus akan menjadi duta daerah. Mereka yang terpilih akan mengikuti karantina pada 31 Mei 2012 hingga 6 Juni 2012. Malam Grand Final Miss Coffee Indonesia 2012 akan digelar 6 Juni," kata Ketua Humas ADI Lanny Rahardi.

Pemenang Miss Coffee Indonesia 2012, akan ikut bertanding pada ajang Miss Coffee International, yuang diselenggakan pada Oktober mendatang di Bali. Dalam penyelenggaraan pertama ini, Indonesia sekaligus ditunjuk menjadi tuan rumah Miss Coffee International 2012 yang diikuti 26 negara.

Dalam pelaksanaan event tersebut ADI bekerja sama dengan Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan instansi lainnya. Lannya menuturkan ajang tersebut akan memilih kaum perempuan berpenampilan menarik, yang nantinya akan menjadi juru bicara Indonesia di mata dunia tentang kopi.

Syarat pesertanya adalah perempuan muda berusia 17-24 tahun, belum menikah, tinggal di Indonesia, dan mempunyai kepribadian,  serta paham mengenai kopi asli Indonesia. Dalam pelaksanaan event tersebut ADI bekerja sama dengan Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan instansi lainnya. [H-15]    




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!