SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Sabtu, 1 November 2014
BS logo

Ormas PP Bentrok dengan IPK di Medan
Senin, 16 Juli 2012 | 10:48

Ilustrasi bentrokan [google] Ilustrasi bentrokan [google]

[MEDAN] Pihak kepolisian masih melakukan pengamanan di kawasan Jl Sekip Medan, Kecamatan Medan Barat, Sumatera Utara (Sumut), Senin (16/7) pagi. Pengamanan ini pascabentrokan antara organisasi kepemudaan Ikatan Pemuda Karya (IPK) dengan Pemuda Pancasila (PP), Minggu (15/7) sore. Dalam kejadian itu, tiga orang anggota PP mengalami luka akibat dibacok dan satu unit sepemotor dibakar.  

Pantauan SP, situasi di kawasan Jl Sekip masih terlihat lengang. Kendaraan yang melintas pun terlihat tidak begitu padat seperti hari - hari sebelumnya. Diduga, pengguna kendaraan pribadi mengambil jalan lain untuk menghindari lokasi tersebut. Pengemudi kendaraan melakukan ini karena takut menjadi korban bila kejadian yang mengganggu kenyamanan masyarakat itu, terjadi lagi.  

Tidak sedikit di antara rumah toko (Ruko) yang dijadikan sebagai tempat usaha tertutup rapat. Para pemilik toko diduga melakukan ini karena masih mengkhawatirkan adanya pertikaian sebelumnya, menggunakan parang panjang, kayu broti, besi panjang bahkan sampai menggunakan panah beracun. Para pemilik toko ini menutup usahanya sampai kawasan itu benar - benar sudah aman.  

"Saya tidak berani untung mengambil risiko untuk membuka tempat usaha. Lebih baik menutup sementara dari pada nanti menjadi korban pertikaian kedua organisasi tersebut. Bila bentrokan sudah terjadfi, apalagi antara kedua kubu organisasi itu maka sulit untuk dapat diselesaikan. Kami menduga bakjal ada bentrokan susulan antara kedua belah pihak," ujar Asun (40), salah seorang pemilik toko usaha roti.  

Kepala Bagian Dokumentasi dan Informasi Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan menyampaikan, pihak kepolisian melakukan pengamanan untuk mengantisipasi adanya bentrok susulan di kawasan tersebut. Polisi melakukan ini untuk menjamin kenyamanan bagi masyarakat pengguna jalan maupun yang tinggal di kawasan tersebut. Menurutnya, lokasi itu sudah berangsur aman.  

 "Ada beberapa korban yang terluka akibat dibacok. Pertikaian ini diduga dipicu masalah pelantikan ranting PP. Pelantikan itu tidak jauh dari markas besar IPK. Kendati demikian, petugas tetap mendalami penyebab kejadian tersebut. Kami berharap, bentrokan yang meresahkan masyarakat itu, tidak terulang kembali. Jika ada yang melanggar hukum maka akan ditindak," sebutnya. [155]            




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!