SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Jumat, 31 Oktober 2014
BS logo

Pabrik Plastik di Kalideres Terbakar
Jumat, 29 April 2011 | 11:06

Ilustrasi kebakaran [yahoo] Ilustrasi kebakaran [yahoo]

[JAKARTA] Satu bangunan pabrik plastik di kawasan pergudangan Rawa Lele, RT 04, RW 10, Kelurahan Kalideres, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat terbakar pada Jumat (29/4) pagi. Diduga kebakaran yang terjadi sejak pukul 06.30 WIB ini disebabkan hubungan arus pendek listrik dari salah satu ruangan pabrik.

Hingga berita ini diturunkan api masih membesar. Petugas kebakaran dari Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Barat yang datang dengan 18 unit mobil pemadam masih berupaya memadamkan api. Menurut Kasudin Pemadam Kebakaran dan PB Jakarta Barat, Endang Choirudin, api sulit dipadamkan karena di bangunan pabrik tersebut banyak bahan-bahan yang terbuat dari plastik. Sehingga petugas harus terus menerus menyiramkan air dan membuat lokasi kebakaran tergenang.

 “Karena banyak biji plastik dan bahan-bahan plastik lainnya, sehingga sulit dipadamkan. Petugas harus membuat seluruh ruangan terus basah dan tergenang air, agar api dapat benar-benar padam,” katanya kepada SP.

Endang mengatakan, untuk mengatasi si jago merah, pihaknya juga harus menyemprotkan cairan kimia khusus. Saat peristiwa terjadi sejumlah karyawan pabrik sudah tiba di pabrik dan hendak mulai beroperasi.

“Karyawannya ada di dalam pabrik saat api mulai membesar, tapi mereka belum mulai bekerja. Pabrik baru mau mulai beroperasi ketika tiba-tiba terjadi kebakaran. Untuk sementara kami menduga kebakaran terjadi akibat hubungan arus pendek listrik. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini, karena karyawan berhasil keluar dari pabrik sebelum akhirnya api semakin membesar seperti sekarang,” tuturnya.

Sementara itu akibat hubungan arus pendek, delapan kios buah dan cat yang terletak tidak jauh dari Pasar Pisang di Palmerah, Kecamatan Grogolpetamburan, Jakarta Barat juga hancur dilalap si jago merah. Kebakaran terjadi pada Kamis (28/4) dan turut menghanguskan sejumlah rumah, serta bengkel motor Vespa.  [Y-6]  




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!