SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Jumat, 21 November 2014
BS logo

Pembangunan Jalan Cilegon-Anyer Terbengkelai
Kamis, 22 September 2011 | 9:42

Ilustrasi jalan rusak di mana-mana. [Dok.SP] Ilustrasi jalan rusak di mana-mana. [Dok.SP]

[SERANG] Proses pembangunan betonisasi jalan raya menuju obyek wisata Anyer yakni dari Cilegon-Anyer dipastikan terbengkelai. Pembangunan kemungkinan akan dilanjutkan 2012 mendatang. Hal itu terjadi, karena Satuan Kerja (Satker) II dari Kementerian PU yang menangani jalan tersebut, harus kembali menganggarkan dana perbaikan jalan itu pada APBN 2012 mendatang.

Sekretaris Komisi IV DPRD Banten Saris Piada Rahmat di Serang, Rabu (21/9) menjelaskan, betonisasi jalan raya jalur Cilegon-Anyer, yang dilaksanakan oleh PT Istaka Karya (Persero) yang terhenti akibat diputuskan pailit oleh Mahkamah Agung (MA) sejak 22 Maret 2011 lalu, harus kembali ditender ulang.

"Kemungkinan pembangunan baru bisa dilanjutkan 2012 mendatang setelah penganggaran dan tender ulang,” ujar Saris.

Dia mengatakan, Komisi IV DPRD Banten akan segera memanggil Dinas Bina Marga dan Tata Ruang (DBMTR) Provinsi Banten, Satker II Kementerian Pekerjaan Umum (PU) agar mencari solusi pengerjaan jalan. “Jalur Cilegon-Anyer itu merupakan jalur vital, karena merupakan jalur wisata dan industri. Kami berharap pemerintah pusat, khususnya Kementerian PU segera  menyelesaikan pengerjaan jalan tersebut,” ujarnya.

Menurut Saris, sejak Surat Perintah Kerja (SPK) pelaksanaan proyek jalan tersebut oleh PT Istaka Karya pada 10 Desember 2010 lalu, memang sudah banyak yang mengetahui kondisi PT Istaka Karya sudah tidak sehat. “Kalaupun proses betonisasinya dilaksanakan 2012 mendatang, kami meminta agar jalan tersebut tetap diperbaiki sehingga layak dilewati kendaraan. Kalau dibiarkan terbengkelai seperti itu, akan sangat mengganggu lalu lintas di jalan itu dan potensi terjadinya kecelakaan juga sangat besar,” katanya.

Kepala DBMTR Provinsi Banten M Shaleh mengatakan, pihaknya juga akan segera memanggil Satker II Kementerian PU yang memiliki tanggung jawab pengerjaan perbaikan jalan Cilegon-Anyer bahkan hingga Pasauran sepanjang 17 Km dengan anggaran yang sudah disepakati oleh pihak ketiga yakni sekitar Rp56 miliar. [149]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!