SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Kamis, 23 Oktober 2014
BS logo

Pemkab Serang Tetap Nekat Bangun TPST
Sabtu, 1 Desember 2012 | 8:22

TPSA Bojong Menteng [google] TPSA Bojong Menteng [google]

[SERANG]  Kendati masyarakat telah dengan keras menyatakan menolak, namun  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang tetap nekat  melakukan sosialisasi terkait rencana pembangunan  Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) di Desa Bojong Menteng, Kecamatan Tunjung Teja.

Pemkab Serang berencana  akan melakukan sosialisasi ke  warga Kecamatan Tunjung Teja pada tanggal 16-18 Desember 2012  mendatang.

Pemkab Serang berpendapat bahwa sosialisasi tersebut merupakan tahapan yang dilakukan sebelum dilaksanakannya pembangunan TPST Bojong Menteng pada tahun 2013 mendatang.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda)  Kabupaten Serang, Muhamad Memed mengatakan, sosialisasi tersebut penting untuk dilakukan agar warga yang berada di sekitar pembangunan TPST tidak salah paham dan menganggap pembangunan tersebut dapat menimbulkan kerusakan lingkungan.

“Rencana pembangunan TPST Bojong Menteng itu telah menimbulkan reaksi  pro dan kontra di tengah masyarakat.  Langkah sosialisasi perlu dilakukan guna meredam keresahan dan ketidakpahaman masyarakat.  Masyarakat  menilai pembangunan TPST akan membawa dampak buruk bagi warga sekitar. Kami akan menjelaskan kepada masyarakat terkait keuntungan dari pembangunan TPST tersebut,” ujar Memed, di Serang, Jumat (30/11).

Memed mengungkapkan, sosialisasi yang akan dilaksanakan selama tiga hari tersebut nantinya dengan cara menggelar dialog  dihadiri oleh pihak Pemkab Serang, tokoh masyarakat serta unsur Muspika Kecamatan Tujung Teja, kemudian dilanjutkan dengan  penjelasan secara teknis oleh dinas terkait.

“Kegiatan  sosialisasi akan dilaksanakan di empat desa, dua diantaranya yakni  Desa Bojong Menteng dan Desa Bojong Pandan,” jelasnya.

Secara terpisah, Ketua Himpunan Mahasiswa Tunjung Teja (Himasta), Kecamatan Tunjung Teja, Kabupaten Serang, Aldis Elsaumadona  menegaskan, akan tetap menolak rencana Pemkab Serang untuk menggelar sosialisasi kepada masyarakat.

“Jika  Pemkab  Serang tetap bersikeras akan melakukan sosialisasi, kami akan melakukan aksi.  Kami akan mengerahkan seluruh masyarakat Tunjung Teja untuk menolak rencana sosialisasi tersebut.  Sikap penolakan dari warga terhadap rencana pembangunan TPST itu sudah harga mati. Masyarakat sudah sangat paham bahwa  keberadaan  TPST Bojong Menteng itu  pasti akan  menyengsarakan masyarakat,” tegasnya. [149]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!