SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Jumat, 24 Maret 2017
BS logo

Pengamat: Dukungan ARB ke Novanto Positif Untuk Golkar
Minggu, 19 Maret 2017 | 10:50

Ketua Umum DPP Golkar Setya Novanto.  [beritasatu] Ketua Umum DPP Golkar Setya Novanto. [beritasatu]

[JAKARTA] Pengamat politik Maksimus Ramses Lalongkoe memuji langkah mantan Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie (ARB) yang meminta seluruh kader Partai Golkar untuk tetap tenang terhadap persoalan yang membawa-bawa nama Ketua Umum Golkar Setya Novanto.

ARB juga menepis isu adanya Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) di tubuh Golkar.  Menurut Ramses, pernyataan ARB ini sangat positif untuk Partai Golkar.

Pernyataan ini juga sebagai dukungan ARB terhadap keutuhan Partai Golkar di bawah kepeminpinan Setya Novanto. "Pernyataan ARB menggambarkan sikap kedewasaan politik Golkar dalam menjaga dinamika politik", ujar Ramses, Minggu (18/3).

Selain itu, pernyataan ARB dapat juga dimaknai bahwa sampai saat ini kader Partai  Golkar masih solid mendukung penuh kepemimpinan Setya Novanto.  "ARB tentu belajar dari kasus Partai Golkar sebelumnya yang terpecah. Dia tak ingin rajutan persatuan partai yang sudah dibangun Novanto tercidera lagi," katanya.

Mengenai langkah KPK yang mengumumkan nama-nama yang tersangkut kasus e-KTP, Ramses mengatakan, pimpinan lembaga antisuap itu harus bisa menahan diri. Karena mengumumkan nama-nama itu sangat riskan dalam konteks politik Indonesia.

Dijelaskan, berdasarkan pengalaman sebelumnya, kerja KPK yang sudah bagus menjadi kabur dan berantakan ketika timbul pernyataan genit dari pimpinannya. "Kita harus kritisi pimpinan KPK saat ini agar jangan mengikuti jejak sebelumnya, yang terlalu euforia tetapi pada akhirnya mereka sendiri tersandung masalah," kata dia. [Ant/L-9]




Kirim Komentar Anda


Pasang iklan disini via B1 Ads