SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Kamis, 2 Oktober 2014
BS logo

Pengrajin Bata Merah Temukan Peninggalan Majapahit
Kamis, 20 Desember 2012 | 11:27

Ilustrasi patung leak [google] Ilustrasi patung leak [google]

[TROWULAN] Sulimin (49), pengrajin batu bata merah di Desa Nglinguk, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jatim, secara tak terduga menemukan sebuah batu berukir kepala leak. Di lokasi yang sama, ia juga menemukan bebatuan andesit yang diperkirakan era pra Kerajaan Majapahit berdiri di abad 13. Di areal lahan tanah seluas lebih kurang 250 meter persegi (m2) itu, Sulimin mendapati ukiran leak  pada batu andesit setebal 30 senti meter (cm), panjang 96 cm dan lebar 50 cm.  

“Patung leak itu saya temukan pada kedalaman tiga meter. Setelah saya gali lagi ke samping, menemukan batu-batu andesit berbentuk empat persegi panjang mirip bata merah namun berukuran besar. Batu-batu andesit itu berukuran panjang 50 sentimeter (cm), lebar 25 cm dan tebal 10 cm. Padahal ciri khusus bangunan era Majapahit adalah batu bata merah, bukan andesit,” ujar Sulimin.  

Pada setiap sudut batu andesit tersebut, terukir dengan jelas wajah leak yang biasa dijumpai di Pulau Dewata, Bali. Mata, telinga dan hidung leak tersebut sangat jelas sekali, katanya lagi. Di lokasi yang sama, Sulimin pada Kamis 29 April 2010 ia juga menemukan arca Dewa Syiwa berkepala ular kobra. Arca itu sudah ia serahkan ke Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Jatim di Trowulan.   

Sementara itu Aris Sofiani, Kepala BP3 Jatim di Trowulan yang dikonfirmasi terpisah mengungkapkan, bahwa pihaknya akan segera melakukan penelitian atas temuan batu-batu andesit tersebut. Dalam mitologi Bali, Leak merupakan ritual mistisme Bali. Konon Leak merupakan media bantu dalam mitoligi sihir khas Bali yang hanya bisa dilihat di malam hari oleh para dukun pemburu leak.  

Di siang hari ia tampak seperti manusia biasa, sedangkan pada malam hari ia berada di kuburan untuk mencari organ-organ dalam tubuh manusia yang digunakannya untuk membuat ramuan sihir. Ramuan sihir itu dapat mengubah bentuk leak menjadi seekor harimau, kera, babi atau menjadi seperti Rangda, Leak dengan kemampuan sihir yang besar. [ARS]  




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!