SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Selasa, 21 Oktober 2014
BS logo

Pengusaha Minta KPK Jangan Dibubarkan
Senin, 1 Agustus 2011 | 8:22

Ketua Umum KADIN, Suryo Bambang Sulisto. [Dok.SP] Ketua Umum KADIN, Suryo Bambang Sulisto. [Dok.SP]

[JAKARTA] Para pengusaha mengharapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tetap dipertahankan sampai kapan pun. Pasalnya, sampai saat ini KPK menunjukkan kinerja yang bagus dalam memberantas korupsi dibanding lembaga penegak hukum lainnya seperti Kejaksaan, Polri dan Pengadilan.

Demikian dikatakan Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Suryo Bambang Sulisto; Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Djimanto; dan Ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia (Api), Ade Sudrajat, secara terpisah kepada SP, Minggu (31/8) malam.

Suryo menegaskan, keberadaan KPK sangat penting untuk menegakkan hukum. Kalau ada kepastian hukum, maka banyak investor datang ke Indonesia. Oleh karena itu, Suryo sangat menyayangkan pernyataan Ketua DPR, Marzuki Alie yang mewacanakan pembubaran lembaga KPK. “Kalau ada orang KPK yang salah, orangnya itu yang diganti bukan lembaganya. Wacana seperti itu harus ditolak,” kata Suryo.

Senada Djimanto mengatakan, sampai saat ini, yang membuat Negara Indonesia masih dianggap tetap ada dan berwibawa adalah karena keberadaan KPK. “Kalau KPK tidak ada, negara ini sudah dikuasai para koruptor. Lembaga penegak hukum lain seperti Kejaksaan, Polri dan Pengadilan seolah-olah berteman dengan koruptor,” kata dia.

Ia mengatakan, dengan adanya KPK, pemerintahan yang bersih akan tercipta. Selain itu, keberadaan KPK menciptakan kepastian berusaha untuk para investor. “Oleh karena itu, KPK harus tetap dipertahankan. Lembaga penegak hukum lain saja yang dibubarkan, KPK jangan,” kata dia.

Ade Sudrajat juga menyayangkan pernyataan Ketua DPR, Marzuki Alie yang mewacanakan pembubaran lembaga KPK. Menurut Ade, pernyataan seperti itu merupakan pernyataan yang mendukung Indonesia dikuasai para mafioso. “Ketua DPR kok pernyataannya seperti itu ? Apa ia tak sadar, kalau ia sebagai Ketua DPR ? Pernyataannya kok bodoh ?” kata Ade.

Ketika ditanya siapa saja calon pimpinan yang layak untuk menjadi pimpinan KPK, Suryo menjawab, ia tak perlu menyebut nama, yang terpenting bagi dia adalah pimpinan KPK harus orang yang cerdas dan berintegritas tinggi. “Orang yang anti suap, tegas dan tak mau disetir oleh siapa pun,” kata dia.

Sedangkan Djimanto mengatakan, orang yang cocok menjadi pimpinan KPK dari 15 calon yang ada saat ini adalah Abdullah Hehamahua (penasehat KPK), Bambang Widjojanto (advokat) dan Aryanto Sutadi (Purnawirawan Polri). “Ketiga orang ini sangat menguasai masalah hukum dan mereka sangat berintegritas,” kata dia.

Sedangkan Ade Sudrajat mengatakan, dari 15 calon yang ada hanya dua yang cocok menjadi pimpinan KPK yakni  adalah Abdullah Hehamahua (penasehat KPK), Bambang Widjojanto (advokat). “Dua orang ini tegas, jujur dan berintegritas tinggi. Saya harap mereka dua terpilih nanti,” kata Ade.

Ade mengatakan, KPK harus tetap sebagai lembaga yang tegas dan bersih dalam mencegah dan memberantas korupsi. Kalau KPK menjadi lembaga kotor seperti seperti lembaga Kejaksaan, Polri dan Pengadilan, maka Indonesia benar-benar menjadi negara gagal yang nilainya 100%.  [E-8]

 




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!