SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Rabu, 22 Oktober 2014
BS logo

Pesta Rakyat Akan Digelar pada Pernikahan Pangeran Albert
Jumat, 24 Juni 2011 | 11:00

Pangeran Albert II dari Monaco (kiri) dengan calon istrinya asal Afrika Selatan Charlene Wittstock hadir pada perayaan St Yohanes di Monaco. (Foto: AFP/Valey Hache) Pangeran Albert II dari Monaco (kiri) dengan calon istrinya asal Afrika Selatan Charlene Wittstock hadir pada perayaan St Yohanes di Monaco. (Foto: AFP/Valey Hache)

[MONACO] Monaco dikenal sebagai tempat bermain orang kaya dan "tempat pelarian" bagi para penghindar pajak. Tetapi ketika Pangeran Albert II menikahi Charlene Wittstock minggu depan, hari bahagia itu akan ditandai dengan sebuah festival yang merakyat atau pesta rakyat.

Pesta rakyat itu seolah mengingat kembali pesta rakyat yang digelar ketika orang tuanya, Pangeran Rainier III dan Grace Kelly menikah pada 1956. Pernikahan mereka menjadi pesta terbesar tahun itu, bahkan pada dekade itu.

Tetapi pernikahan keluarga Kerajaan Inggris, Pangeran William dan Kate Middleton pada 29 April lalu telah mencuri perhatian publik dunia dan menenggelamkan gemerlap dan keriuhan pernikahan keluarga Kerajaan Monaco.

Ketika Albert dan Charlene meresmikan pernikahannya pada 1 Juli mendatang, pengantin baru keluarga Kerajaan Inggris Pangeran William dan Kate Middleton melakukan kunjungan pertama mereka ke luar negeri. Bahkan kunjungan pasangan baru ini tetap saja menyedot perhatian dunia. Diperkirakan perjalanan dua sejoli ini diliput oleh 1.300 wartawan.

Terlepas dari itu, Pangeran Rainier III dan Grace Kelly telah menentukan untuk membuat pertunjukan dan jalan-jalan di negara kota itu akan dihiasi dengan warna merah dan putih dari Istana Grimaldi serta bendera pelangi negara asal Charlene, Afrika Selatan.

Souvenir berbentuk mug dan piring yang dihiasi dengan inisial pangeran telah menggantikan rancangan pernak-pernik di butik-butik mewah Monte Carlo, dan kursi telah dibawa keluar dari gedung opera untuk memungkinkannya menjadi tempat pertunjukan rumah dongeng.

Hanya 35.000 orang yang tinggal di Monaco, dan kebanyakan dari mereka bukan warga lokal, tapi orang-orang kaya yang lari karena menghindari pajak. Para pejabat pariwisata berharap, acara pernikahan keluarga Kerajaan Monaco ini bisa menarik 200.000 pengunjung untuk menyaksikan apa yang mereka sebut sebagai 48 jam bersejarah.

Rangkaian Acara
Pada Kamis (30/6) malam sebelum acara utama, penduduk lokal akan menari sambil bernyanyi dengan iringan rocker nostalgia 1970-an asal California, The Eagles. Kemudian pada Jumat (1/7) setelah pernikahan di ruangan kerajaan, pertunjukkan bergeser ke pelabuhan.

Di sana, orang banyak akan disuguhi makanan ringan beralaskan piring dari tanah dari negara asal Charlene, Afrika Selatan disertai pertunjukan yang menggetarkan hati dari pemusik instrumental asal Prancis, Jean-Michel Jarre (62), perintis electropop dan sandiwara disko.

Pada Sabtu (2/7), dengan udara yang lebih segar, upacara pemberkatan pernikahan akan diadakan di halaman utama istana pangeran. Saat itu juga, Charlene (33) yang adalah juara renang, akan berpindah agama menjadi Katolik.

Para wanita di antara 4.300 tamu kehormatan telah diminta untuk memakai pakaian sederhana dengan bahu tertutup dan lagu akan dilantunkan oleh penyanyi sopran asal Amerika, Renee Fleming. Di seluruh kota akan dipasang layar-layar lebar untuk menyiarkan proses perkawinan tersebut.

Perancang Jerman, Karl Lagerfeld akan tampil dengan pakaian bahu tertutup yang elegan dengan gaya ikon, Ines de la Fressange, bersama teman-teman Albert dari badan olahraga dunia seperti, Jean Todt dari Federasi Automobil Internasional (FIA) dan Jacques Rogge dari Komite Olimpiade Internasional (IOC).

Presiden Perancis, Nicolas Sarkozy akan hadir. Belum ada konfirmasi soal kehadiran istri Sarkozy asal Italia Carla Bruni, yang sedang hamil anak pertama. Sedangkan tamu negara lain yang akan hadir pada acara itu Presiden Lebanon Michel Sleimane, Presiden Irlandia Mary McAleese dan Presiden Swedia, Carl Gustav XVI.

Setelah upacara, pasangan baru kerajaan itu akan berkeliling kota dengan mobil Lexus hibrida beratap terbuka ke kapel di mana pengantin wanita akan melemparkan buketnya. Setelah itu, lalu ke kasino untuk pesta kembang api dan menari.

Acara secara keseluruhan telah direncanakan dengan hati-hati dan dipasarkan, dengan menerbitkan prangko peringatan Monako. Monako juga telah menandatangani kesepakatan sponsor sejumlah sponsor terkenal.

Hingga saat ini, perancang gaun Charlene belum terungkap. Meski demikian, nama Armani telah beredar luas sebagai telah perancang busana calon ratu asal Afrika Selatan itu. [AFP/YHD/A-21]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!