SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Selasa, 30 September 2014

Pilgub Bali, Golkar-PDI-P Akan Berkoalisi
Selasa, 13 November 2012 | 8:13

Kampanye Megawati di Pulau Bali [reuters] Kampanye Megawati di Pulau Bali [reuters]

[DENPASAR] PDI-P Bali menyerahkan sepenuhnya kepada Ketua Umum DPP PDI-P Megawati Soekarnoputri dalam menentukan calon gubernur (cagub) dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Gubernur Bali.

Hal itu juga termasuk kalau DPP PDI-P menyetujui  Bali berkoalisi dengan partai lain untuk memenangkan proses pemilihan.

“Kami tengah menunggu rekomendasi dari Ibu Mega untuk cagub yang akan didaftarkan nanti. Kalau tidak salah rekomendasi dijanjikan turun bulan Desember,” ujar Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP, Anak Agung Oka Ratmadi SH yang dikonfirmasi SP, Senin (12/11) malam.

Oka Ratmadi yang akrab dipanggil Cok Rat mengatakan, meski menyerahkan sepenuhnya cagub Bali kepada Mega, namun pihaknya tetap memberikan masukan supaya kader yang mendapat rekomendasi tidak asal direkomendasi. Termasuk kalau partainya mau berkoalisi dengan partai lainpun, masukannya sudah disampaikan ke ketua umum.

“Kalau memang harus beroalisi, kami memilih Golkar adalah partai yang pas diajak berkoalisi. Sebab, dengan koalisi dengan Golkar,  tanda kemenangan semakin dekat dan Bali pasti dijamin aman karena kecil bakal munculnya keributan. Kami ingin Pilkada Gubernur di daerah ini berjalan aman dan lancar,” tegas Tkok Ratmadi yang juga Ketua DPRD Pemprov Bali.

Sikap yang sama secara terpisah  juga disampaikan Ketua Partai Golkar Bali, yang menyatakan akan segera mengumumkan jagonya dalam Pilgub 2013 mendatang. Bahkan Ketua DPD Partai Golkar Bali, I Ketut Sudikerta mengatakan secara tegas bahwa kalau  untuk koalisi, Golkar menegaskan akan berkoalisi dengan PDI-P bukan dengan partai lain.

Terkait Pemilihan Gubernur Bali yang digelar 15 Mei 2013 depan, Sudikerta menegaskan, jika dalam waktu dekat Golkar akan segera mengumumkan kandidat. 

"Ada sistem dan mekanisme di Golkar, salah satunya survei. Survei pertama sudah dibuka, survei kedua sedang berlangsung. Akhir bulan ini baru selesai. Sehingga kita akan putuskan jago kita segera," ujarnya yang juga  Wakil Bupati Kabupaten Badung ini.

Sementara itu, informasi yang berhasil dihimpun SP, belakangan muncul nama paket koalisi Merah-Kuning yakni AA Puspayoga yang masih menjabat Wakil Gubernur Bali (Wagub) berpasangan dengan Bupati Gianyar Cok Ace yang diperkirakan akan bertarung dalam pemilihan Gubernur Bali 2013. Puspayoga dikenal kader partai dari PDI-P dan Cok Ace adalah kader yang direstui Partai Golkar.

“Kalau kedua kader ini mendapat rekomendasi, saya kira layak jual. Meski yang bakal dihadapi Mangku Pastika (incumbent) yang sampai sekarang belum jelas partai yang mengusungnya, apa yang bersangkutan dicalonkan Partai Demokrat atau maju dari independent,” ujar pengamat politik Prof Dr I Gde Parimartha MA, Guru Besar Universitas Udayana.

Menurutnya, kalau benar PDI-P mau berkoalisdi dengan Golkar, tentu hal yang membanggakan karena keduanya adalah partai terbesar di Bali yang hingga sekarang disegani masyarakat.

Jika betul koalisi merah-kuning terjadi pada Pilgub Bali tentu menjadi catatan sejarah baru perpolitikan di Bali dan kemungkinan terjadinya bentrok fisik terutama di akar rumput tidak bakal lagi terjadi.[137]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!