SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Rabu, 22 Oktober 2014
BS logo

PIM Semburkan Amoniak, 90 Warga Sesak Nafas
Jumat, 23 September 2011 | 9:26

Kompleks pabrik PIM Kompleks pabrik PIM

[BANDA ACEH] Pabrik Pupuk Iskandar Muda (PIM) yang terletak di Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, Kamis (22/9) malam mengeluarkan amoniak akibat dari adanya kebocoran. Dampak dari semburan itu  90 warga sekitar pabrik harus dilarikan kerumah sakit, karena mengalami sesak nafas setelah menghirup bau tidak sedap.

Kepala Bagian Humas PT PIM Aceh Utara Mustafa Taher kepada wartawan, Kamis malam mengatakan hingga tadi malam ada 90 warga Desa Tambon Baroh, Kecamatan Dewantara dilarikan ke Rumah Sakit Milik perusahaan itu, kerena terganggu kesehatannya, warga dibawa ke rumah sakit oleh karyawan perusahaan itu.

Penyebabnya ada sebuah katup ammonia lepas, sehingga ada warga yang menghirup udara dan setelah dirawat selama satu hingga dua jam, malam tadi semua korban telah diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing, saat ini semua kondisi kesehatan telah membaik dan sudah seperti biasa tidak ada masalah lagi terangnya.
Ia menjelaska, pada saat terjadi kebocoran amonia langsung ketahuan, sehingga dengan cepat bisa ditangani, dampaknya juga tidak begitu meluas karena cepatnya tim tehnis dari perusahaan itu menangani permasalahan itu.

Penyebab kebocoran menurutnya terjadi pada saat dilakukan start up PT PIM II yang memulai produksi pada, Kamis (22/9) siang, tiba-tiba pada sorenya hari katup amonianya lepas, sehingga proses produksi mendadak dihentikan guna menghindari bahaya lingkungan, begitu distop amonianya berhenti mengambang ke udara. [147]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!