SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Jumat, 24 Maret 2017
BS logo

Presiden XI: Kerja Sama AS-Tiongkok Masuki Era Baru
J-9 | Senin, 20 Maret 2017 | 12:29

Menlu AS Rex Tillerson (kiri) disambut Presiden Tiongkok Xi Jinping di Beijing, Tiongkok,  Minggu (19/3).[AP] Menlu AS Rex Tillerson (kiri) disambut Presiden Tiongkok Xi Jinping di Beijing, Tiongkok, Minggu (19/3).[AP]

[BEIJING] Presiden Tiongkok, Xi Jinping, optimistis kerja sama dengan Amerika Serikat (AS) memasuki era baru. Pernyataan itu, disampaikan Xi saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson, di Beijing, Minggu (19/3).

Beijing merupakan negara terakhir yang dikunjungi Tillerson dalam rangkaian kunjungan ke sejumlah negara Asia. Sebelumnya, Tillerson mengunjungi Jepang dan Korea Selatan (Korsel). Dalam kunjungan ke Beijing, Tillerson bertemu dengan Menlu Tiongkok Wang Yi dan diplomat top Yang Jiechi pada Sabtu (18/3).

Selanjutnya pada Minggu, Tillerson bertemu dengan Presiden Xi selama 30 menit di Balai Agung Rakyat. Dalam pertemuan itu, Xi mengatakan kepada Tillerson bahwa pertemuannya dengan Menlu Wang dan diplomat Yang sangat produktif dan konstruktif bagi hubungan kedua negara.

“Pemimpin kedua negara percaya bahwa kita perlu membuat upaya bersama untuk memajukan Tiongkok-AS. Kami percaya bahwa kita dapat meastikan hubungan kerja sama kedua negara akan bergerak maju secara konstruktif di era baru,” kata Xi.

Dia menegaskan, ada kepentingan yang jauh lebih besar untuk menjalin kerja sama antarkedua negara daripada saling bersaing atau bersengketa. Xi juga menekankan kedua negara yang meningkatkan komunikasi dan komunikasi yang melibatkan “jaringan regional”.

“Meski ada perbedaan antarkedua negara, kami setuju ada peluang kerja sama yang lebih besar antara Tiongkok dan AS di masa depan,” ujar Xi.

Menanggapi pernyataan Xi, Tillerson menyampaikan bahwa Presiden AS, Doald Trump, menempatkan “nilai yang sangat tinggi” pada komunikasi dengan Presiden Tiongkok. Bahkan dia mengungkapkan keinginan Trump untuk berkunjung ke Tiongkok.

“Presiden Trump berharap untuk kesempatan kunjungan (ke Tiongkok, red) di masa depan untuk diskusi yang akan memetakan perjalanan hubungan AS-Tiongkok di masa depan,” ujar Tillerson.[AP/CNN/J-9]




Kirim Komentar Anda


Pasang iklan disini via B1 Ads