SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Sabtu, 22 November 2014
BS logo

Roy Suryo Ngaku Draf Kepres Pemindahan ISG Sudah Ada
Kamis, 16 Mei 2013 | 14:27

Menpora, Roy Suryo [Dok SP] Menpora, Roy Suryo [Dok SP]

[JAKARTA] Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo menyebut jika draf Keputusan Presiden (Kepres) baru terkait keputusan lokasi pelaksanaan pesta olahraga negara Islam atau "Islamic Solidarity Games" (ISG) sudah ada.

"Semuanya terus kami upayakan. Ini demi menyelamatkan negara. Yang jelas draf Kepres baru sudah ada," kata Menpora Roy Suryo di sela Penyerahan Dokumen Penetapan Kinerja dan Piagam Penetapan Kinerja Tahun 2013 di Wisma Kemenpora, Jakarta, Kamis.

Menurut dia, dengan adanya perkembangan ini pihaknya berhadap permasalahan terkait pemindahan lokasi ISG 2013 dari Riau ke Jakarta bisa segera dituntaskan. Apalagi waktu pelaksanaanya mulai mendekat.

Upaya yang dilakukan, kata dia, pihaknya menginstruksikan biro hukum untuk terus mengawal draf yang telah ada. Selain itu, pihaknya juga akan melakukan komunikasi langsung dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Kemarin seharusnya ada rapat kabinet, tapi tidak jadi. Sebenarnya saya akan melaporkan secara lisan dulu kepada presiden," ujarnya, menambahkan.

Pria yang juga ahli telematika itu menegaskan, upaya yang dilakukan saat ini adalah untuk menyelamatkan banyak kalangan karena jika tetap memaksakan diri menggelar ISG di Riau maka akan muncul masalah baru.

Apalagi, kata dia, salah satu lokasi yang akan digunakan yaitu Stadion Utama masih bermasalah terkait pembayaran. Selain itu, Gubernur Riau Rusli Zainal selaku penanggung jawab daerah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

"Kami tidak ingin ada orang lain lagi yang statusnya seperti gubernur. Makanya kami berharap Kepres baru terkait lokasi pelaksanaan ISG dan lainnya segera turun," tukas Roy Suryo dengan tegas.

Meski Kepres baru tentang ISG belum keluar, pihaknya telah berusaha menyiapkan lokasi pengganti yaitu Jakarta. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menjalin komunikasi dengan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo.

ISG 2013 sesuai Kepres seharusnya digelar di Riau, 6-17 Juni. Karena persiapan belum tuntas serta ditetapkannya Gubernur Riau Rusli Zainal sebagai tersangka oleh KPK akhirnya pelaksanaannya ditunda hingga akhir September nanti.

Pemerintah Daerah Riau juga tidak tinggal diam. Demi meyakinkan agar lokasi pelaksanaan tidak dipindah, seluruh pihak terkait termasuk kementerian lintas sektoral diundang untuk melihat secara langsung persiapan yang telah dilakukan. Hanya saja untuk lokasinya belum ditetapkan. [Ant/L-9]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!