SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Sabtu, 20 Desember 2014
BS logo

Sang Ideologi Sedikit di Atas Sang Demokrat
Senin, 10 Maret 2014 | 21:45

Surya Paloh. [liputan6.com] Surya Paloh. [liputan6.com]

[JAKARTA] Suasana akrab dan santai mewarnai peluncuran buku biografi Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh yang berjudul "Sang Ideolog". Suasana seperti itu semakin terasa saat penulis buku, Usamah Hisyam menyampaikan sambutan sebelum peluncuran buku.  
Usamah menyebutkan, buku tersebut tidak seperti biografi biasa. Banyak kisah yang belum terungkap (the untold story) dalam perjalanan karier politik Surya Paloh, yang kemudian diungkap dalam buku itu.   "Ide penulisan buku ini bukan dari Pak Surya Paloh. Saya mau menulis buku ini asalkan tidak ada intervensi dari Pak Surya, baik dari sisi isi maupun judulnya," kata Usamah yang pernah menulis buku biografi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 2004 berjudul "Sang Demokrat".  
Menurut Usamah, judul "Sang Ideolog" dipilihnya setelah melakukan kontemplasi selama beberapa hari. Setelah merenungkan perjalanan hidup dan karier politik Surya Paloh, dia pun memilih judul itu.

  "Setelah saya melakukan kontemplasi, saya berkesimpulan pada judul 'Sang Ideolog'. Saya berpikir, 'Sang Ideolog' sedikit di atas 'Sang Demokrat'," ujar Usamah yang disambut tepuk tangan hadirin.

  Dikatakan, dalam buku ini terungkap bahwa Surya Paloh adalah sosok yang mengutamakan nilai-nilai ideologi yang dianutnya, terutama terkait restorasi Indonesia. Hal itu terlihatsaat SBY meminta Surya Paloh untuk menjadi tim sukses sebagai calon presiden 2004.

  Ketika itu, ujar Usamah, Surya Paloh ditawari jabatan Menteri Komunikasi dan Informatika jika SBY terpilih sebagai presiden. Atau, jika Surya tak mau, SBY menawarkan posisi ketua dewan pertimbangan presiden.

  "Tapi, Surya Paloh menolak. Dia mengatakan lebih senang jika SBY menjalankan nilai-nilai yang dianut Surya Paloh ketimbang jabatan menteri. Pak Surya ingin nilai-nilai restorasi dilaksanakan agar rakyat bisa sejahtera. Tapi, sampai sekarang, hal itu belum terwujud. Pak Surya memang ideolog sejati," ujarnya. [O-1]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!