SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Jumat, 24 Oktober 2014
BS logo

Sejumlah Tokoh Dapat Gelar Kekerabatan Keraton Surakarta
Senin, 27 Juni 2011 | 8:49

Raja Keraton Surakarta, Tejowulan Raja Keraton Surakarta, Tejowulan

[JAKARTA] Sejumlah tokoh politik seperti Wakil Ketua MPR Melani Leimena Suharli, Ketua Umum Partai Gerindra Suhardi, dan Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani mendapat gelar kekerabatan dari Keraton Surakarta Hadiningrat, Minggu (26/6).

Selain itu juga gelar kekerabatan diberikan kepada Ketua Tanfidz Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia (PKBI) Zanuba Harifah Hafsoh (Yeny Wahid).

Bahkan nama Ketua DPR Marzuki Alie juga sempat disebutkan oleh abdi dalam keraton, namun yang bersangkutan tidak hadir.

Raja Keraton Surakarta Sinuhun Tedjowulan dalam sambutannya mengatakan, pemberian gelar kekerabatan ini berdasarkan beberapa pertimbangan. Di antaranya karena dianggap telah memberikan jasa besar dalam kegiatan pembangunan bangsa dan negara serta pengembangan kebudayaan Indonesia pada umumnya dan Jawa pada khususnya.
Lebih khusus lagi bagi pelestarian Keraton Surakarta Hadiningrat.

“Pemberian gelar kekerabatan yang selama ini dilaksanakan telah melalui mekanisme selektif yang dinilai oleh Lembaga Pengageng Putra Sentana dan Pengageng Parentah Keraton,” katanya.

Dia menjelaskan, gelar ini diberikan kepada sejumlah tokoh masyarakat dari kalangan pemerintahan, budayawan, pemangku adat dan masyarakat umum.

“Dengan demikian bertambahnya anggota kekerabatan dari Keraton Surakarta, maka kami optimis bahwa ke depan kita dapat saling asah, asih dan asuh di dalam ikut mengawal jalannya pembangunan Indonesia ke arah tujuan yang telah ditetapkan bersama yaitu masyarakat yang adil dan sejahtera bagi seluruh rakyat Indonesia,” katanya. [W-12]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!