SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Sabtu, 29 November 2014
BS logo

Sekjen Kemlu Bantah Terlibat Korupsi
Jumat, 9 Desember 2011 | 8:43

Mantan Sekjen Departemen Luar Negeri, Sudjadnan Parnohadiningrat Mantan Sekjen Departemen Luar Negeri, Sudjadnan Parnohadiningrat

[JAKARTA] Sekjen Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Budi Bowoleksono mengaku tidak mengetahui kasus dugaan korupsi pada kementerian, yang dulu bernama, Departemen Luar Negeri (Deplu) pada tahun 2004-2005 yang sedang diselidiki oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Terlibat saja tidak. Karena apa yang sampaikan mengenai hal itu sebagai saksi untuk beliau (Sudjadna Parnohadiningrat) saja," kata Budi usai diperiksa selama empat jam oleh penyidik KPK, Kamis (8/12).

Namun, Budi tidak menampik fakta bahwa sebagai sesama pejabat di Kemenlu, dia kenal dekat dengan Sudjadnan. Mengingat, Sudjadnan adalah atasanya ketika itu.

Hanya saja, Budi tetap membantah terlibat dalam kasus dugaan korupsi di Deplu tahun anggaran 2004-2005 yang diduga merugikan negara Rp 18 miliar tersebut.

KPK telah menetapkan mantan Sekjen Departemen Luar Negeri, Sudjadnan Parnohadiningrat sebagai tersangka dalam kasus korupsi anggaran kementerian tersebut.

Sudjadnan diduga melakukan penyalahgunaan wewenang ketika menjabat sebagai Sekjen Deplu. Di mana, terkait dengan sejumlah kegiatan di Deplu yang di antaranya adalah terkait dengan pelaksanaa seminar yang dari kurun waktu tahun 2004-2005.

Atas perbuatannya tersebut, Sudjadnan dijerat dengan pasal 2 ayat 1 dan atau Pasal 3 UU No.20/2001 tentang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Sebelumnya diketahui bahwa mantan Duta Besar Republik Indonesia ini, juga pernah divonis oleh Majelis Hakim  Pengadilan Tipikor selama satu tahun dan delapan bulan penjara. Sudjadnan dikatakan terbukti
terlibat dalam pencairan dana negara secara ilegal sewaktu menjabat sebagai Sekjen Deplu. [N-8]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!