SP Logo
Selamat datang Tamu   |   
Minggu, 21 Desember 2014
BS logo

Tentara Suriah Gempur Oposisi di Damaskus
Senin, 30 Januari 2012 | 6:00

Kawasan timur di Damaskus sebagian dikuasai kelompok oposisi. [BBC] Kawasan timur di Damaskus sebagian dikuasai kelompok oposisi. [BBC]

[DAMASKUS] Tentara Pemerintah Suriah melancarkan gempuran baru terhadap kekuatan oposisi di pinggiran timur ibukota Damaskus, Minggu (29/1).

Para saksi mata mengatakan, mereka mendengar ledakan dan kontak senjata sengit di kawasan yang terletak hanya lima kilometer dari pusat kota.  Aliran listrik terputus,  sementara jalur komunikasi terganggu ketika serangan berlangsung.

Pegiat HAM mengatakan, lebih dari 2.000 tentara dan 50 tank dikerahkan dalam serangan ini. Kawasan pinggiran ibukota dikenal sebagai kubu para petempur oposisi yang tergabung dalam Tentara Pembebasan Suriah. Sebagian besar anggota organisasi berasal dari tentara pemerintah yang membelot.

Serangan oleh tentara pemerintah juga dilaporkan terjadi di kota Rankous, sekitar 30 km di utara Damaskus. Para pegiat mengatakan kota tersebut sekarang berubah menjadi daerah bencana, sama sekali terputus dari dunia luar. Sejumlah rumah terbakar akibat tembakan artileri.

Warga Rankous sangat membutuhkan bantuan medis. Media pemerintah melaporkan, enam tentara tewas dalam penyerbuan di dekat pinggiran Damaskus.

Insiden kekerasan ini terjadi sehari setelah Liga Arab membekukan misi pemantauan di Suriah, keputusan yang dikecam oleh pemerintah pimpinan Presiden Bashar al-Assad. Liga Arab mengatakan, pemerintah Suriah memanaskan situasi di lapangan dan mengutamakan apa yang mereka sebut opsi keamanan.

Namun, Suriah menuduh Liga Arab membekukan misi pemantauan atas dasar pertimbangan politik semata. Meningkatnya kekerasan di Suriah dan pembekukan misi pemantauan oleh Liga Arab membuat tekanan kepada anggota Dewan Keamanan (DK) PBB yang bersidang pekan depan, makin besar untuk mengeluarkan resolusi keras terhadap Suriah. [BBC/L-8]




Kirim Komentar Anda

Silahkan login untuk memberi komentar

Hanya teks dan link yang diperbolehkan.


Komentar Untuk Artikel Ini

Jadilah yang pertama untuk menulis pendapat Anda!